Makan di tempat hening bikin nafsu makan berkurang?

Rasa lapar adalah suatu hal yang alamiah dan dirasakan oleh setiap makhluk hidup karena pada dasarnya semua butuh makan agar tetap hidup.

Selain karena memang lapar, keinginan untuk makan juga dapat dipengaruhi faktor emosi. Akan tetapi, ada satu faktor lagi yang dapat mempengaruhi rasa lapar, yaitu suara.

Ya benar, suara. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para pakar dari Bringham Young University yang bekerja sama dengan Colorado University, panca indera manusia berupa pendengaran ternyata berpengaruh terhadap keinginan seseorang untuk terus atau berhenti makan.

Dalam penelitian tersebut terungkap bahwa jika seseorang mendengar suara makannya sendiri, maka dia cenderung akan makan lebih sedikit dan tidak memiliki keinginan untuk menambah makanan lagi.

Namun ketika seseorang tersebut makan di tempat yang ramai atau berisik, seperti di depan TV atau sembari mendengarkan musik, maka rasa ingin terus makan semakin naik.

Memang belum dapat dijadikan suatu hipotesa yang pasti, akan tetapi para peneliti berharap bahwa hasil penelitiannya ini dapat dikembangkan untuk mendapatkan bukti baru bahwa suara juga memiliki peran penting terhadap hasrat makan seseorang

Check Also

Tuliskan langkah-langkah membuat gambar cerita

Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah …