Cara Mudah Menggunakan Task Manager di Windows 10

ask Manager merupakan sebuah fitur yang pastinya pengguna Windows sudah sangat kenal. Untuk pengguna Windows 7 yang baru saja upgrade ke Windows 8 atau Windows 10 pasti akan menemukan banyak perbedaan Task Manager versi Windows 7 dengan Task Manager versi Windows 8 atau Windows 10.

Beberapa keuntungan yang ada di Task Manager versi Windows 8 atau Windows 10 salah satunya adalah pengaturan program yang dijalankan ketika pertama kali booting atau startup yang sebelumnya harus melalui control panel atau lebih mudahnya dengan menggunakan CCleaner.

Ada dua cara dalam mengaktifkan Task Manager yaitu dengan menekan kombinasi tombol CTRL + Alt + Del, atau dengan klik kanan pada taskbar, lalu pilih Task Manager.

Pengaturan Proses

Task Manager Windows 10 ini lebih mudah digunakan karena daftar aplikasi yang sedang berjalan.

Ketika klik More Details untuk melihat detil informasi resource yang digunakan setiap aplikasi. Semakin gelap warnanya, tanda semakin besar resource digunakan aplikasi tersebut.

Dan jika aplikasi tersebut menjalankan beberapa aktifitas seperti browser sedang membuka banyak tab, bisa dilihat secara detil resource setiap tab yang aktif.

Task Manager juga memberikan detil proses menjadi 3 yaitu Background Processes, Windows Processes dan System Processes.

Jika kamu menemukan proses yang tidak yakin mengenai proses yang dijalankan, cukup klik kanan pada proses tersebut lalu pilih Search Online dan otomatis akan membuka informasi melalui browser default.

Statistik Sistem

Untuk mengetahui performa dari PC atau Laptop Windows milikmu secara real time, maka disediakan sebuah diagram grafik yang akan memberikan informasi tersebut. Dari System Statistic bisa dilihat beberapa bagian seperti CPU, Memory, Disk 0, hingga Ethernet.

Pada bagian Ethernet, kamu juga bisa mengetahui IP Address milikmu secara langsung tanpa perlu melihat control panel atau melalui CMD.

App History

Fitur App History akan menunjukkan seberapa lama waktu dan network yang digunakan sebuah aplikasi.

Startup Program

Fitur Startup sesuai namanya akan memberikan informasi aplikasi apa saja yang langsung dijalankan ketika pertama kali menyalakan PC atau lebih tepatnya ketika booting. Melalui fitur Startup ini, kamu bisa memilih menjalankan aplikasi apa saja pada saat booting, semakin sedikit aplikasinya semakin cepat booting Windows 10 milikmu.

Users

Penasaran siapa saja yang menggunakan PC milikmu dan menghabiskan resource termasuk bandwidth internet? Kamu bisa langsung mengecek melalui tab Users.

Selain itu, sekarang juga melalui Task Manager bisa melakukan restart pada satu aplikasi secara langsung. Cocok ketika sebuah program tidak merespon.

Check Also

How To, Tutorial

How to properly update Database with EF core code first migration?

How to properly update Database with EF core code first migration