Cara Mudah Hemat Kuota Internet Di Windows 10

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, bahwa versi sistem operasi terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft yaitu Windows 10 diketahui memiliki fitur yang memungkinkan untuk menggunakan koneksi internet pengguna secara otomatis demi berbagi data update bagi komputer lain. Fitur tersebut bernama WUDO (Windows Update Delivery Optimization) dan tentu saja bagi kamu yang memiliki kuota internet yang terbatas, akan merasa terberatkan akan fitur tersebut. (Baca juga: Windows 10 Ternyata Boros Kuota Internet! Ini Dia Penyebabnya)

Namun kamu tidak perlu kuatir, karena rupanya WUDO dapat dimatikan dengan beberapa langkah yang cukup mudah (tidak terlalu mudah tentu saja), karena setting yang disediakan oleh Windows memang sedikit harus menggali ke dalam Control Panel. Sudah siap untuk mengikuti langkah-langkah tersebut? Mari kita mulai step-by-step-nya.

  • Pergilah ke Settings melalui Start Menu.
  • Cari pilihan Update & Security.
  • Pada opsi Windows Update, buka Advanced Options.
  • Di bawah Choose How Updates are Installed, pilih Choose how updates are delivered.
  • Matikan pilihan Updated from More than One Place.

Fitur tersebut sebenarnya berguna bagi proses update, karena dapat membantu komputer lainnya untuk update software secara otomatis dan efisien, meskipun ketika mendapatkan koneksi yang lambat. Akan tetapi, ada konsekuensi yang ditimbulkan. Windows akan menggunakan kuota kamu secara tersembunyi ketika kamu tidak menggunakan komputer atau dalam keadaan idle. Jadi apabila kamu tidak ingin itu terjadi, maka solusinya adalah dengan mematikan WUDO tersebut deh. Selama mencoba!

Check Also

How To, Tutorial

How to properly update Database with EF core code first migration?

How to properly update Database with EF core code first migration