5 Cara Mengamankan Akun Facebook Anda

Sudah bukan rahasia kalau akun Facebook Anda dapat saja dibajak dan disalahgunakan orang lain. Sebelum terlambat, tak ada salahnya Anda meminimalkan risiko seperti ini.

1. Rahasiakan password Anda

Jangan beritahukan password Anda kepada siapapun. Jika password bocor, orang lain bisa mengakses akun Facebook Anda sesuka hatinya. Bahkan, mungkin menyalahgunakan pemakaiannya.

2. Manfaatkan Trusted Contacts

Jika lupa password dan tidak dapat log in ke akun Facebook, coba minta tolong kepada teman-teman dekat untuk membantu Anda masuk ke akun Facebook. Caranya, tambahkan teman-teman Anda ke dalam daftar Trusted Contacts.

Untuk memasukkan teman Anda ke Trusted Contacts, masuklah ke Account Setting dengan mengklik Security Setting, lalu Edit pada Trusted Contacts dan pilih teman.

Setelah itu, Choose Trusted Contacts, pilih 3-5 teman. Kemudian konfirmasikan pilihan Anda.

3. Hindari posting yang tidak layak

Sebisa mungkin hindari posting apapun yang tidak pantas dilihat pengguna lain, termasuk orangtua atau guru. Jika perlu atur siapa saja yang dapat melihat status, foto atau video dengan mengklik Audience Selector. Lantas pilih grup yang Anda inginkan. Teknik lain, pilih Custom.

4. Blokir atau laporkan spam

Begitu melihat pesan-pesan atau komentar yang kurang pantas di timeline Facebook, Anda dapat memilih untuk mengabaikannya, Unfriend, memblokirnya atau melaporkannya ke admin Facebook agar pengirimnya mendapatkan peringatan.

5. Hanya terima permintaan berteman dari teman terdekat

Bila ada permintaan berteman dari orang tidak Anda kenal atau Anda ragu dengan profilnya, tolak saja. Anda juga bisa melaporkan profil atau akun palsu yang Anda temukan di Facebook dengan cara mengunjungi timeline orang tersebut, lalu klik dan pilih Report atau Block.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …