6 Pose Foto Anak yang Sebaiknya Tidak Diposting di Social Media

Bagi para orang tua tentu akan sangat membanggakan jika memposting foto lucu anak-anaknya, terutama yang masih bayi dan balita. Tapi tahukah Anda jika ternyata hal ini bisa sangat berbahaya?

Kami tidak akan membahas seberapa berbahayanya memposting foto anak, tetapi setidaknya ada batasan-batasan yang harus ditolerir oleh orang tua demi keamanan bersama. Berikut ini adalah jenis foto anak yang tidak boleh diposting di social media:

1. Bersama anak orang lain

Ketika memotret momen-momen kebersamaan anak Anda dan teman-temannya, entah itu di sebuah acara pesta ulang tahun dan sejenisnya, jangan segera posting dan melakukan tag ke akun social media mereka. Pasalnya, tidak semua orang tua ingin foto anaknya terpublikasi begitu saja di social media. Jadi, sebaiknya Anda meminta izin kepada mereka sebelum memposting foto anaknya.

2. Seragam dan lokasi sekolah

Memotret aksi anak Anda dengan seragam sekolahnya kelak akan menjadi nostalgia yang indah. Tapi hal ini bisa jadi bencana jika Anda memposting foto tersebut di social media secara gamblang.

Jika ingin memposting foto anak Anda dengan seragam sekolahnya, sebaiknya jangan menyebut lokasi sekolah dan detil lainnya. Harus diakui aksi penculikan anak di sekolah itu sangat jarang terjadi, tetapi bukan berarti tidak pernah ada.

3. Waktu bepergian

Jika ada rencana jalan-jalan dengan anak tersayang, sebaiknya jangan pernah menginformasikan hal ini secara detil, seperti lokasi dan waktu bepergian. Anda akan tidak akan pernah tahu jika sewaktu-waktu ‘teman’ Anda di social media merasakan anak Anda menjadi sasaran empuk penculikan.

4. Waktu mandi

Salah satu ‘atraksi’ yang lucu dari seorang bayi dan balita adalah ketika saat dimandikan. Sayangnya, predator atau pedofil di luar sana juga berpikiran yang sama. Jadi, jangan pernah memposting foto anak dalam kondisi semi telanjang atau telanjang karena akan membuatnya jadi target kejahatan predator selanjutnya.

5. Momen memalukan

Sekalipun masih polos akan dunia fana, anak Anda tetap butuh privasi. Jadi, jangan sesekali memposting foto-foto konyolnya karena dianggap akan menjadi sesuatu yang memalukan ketika dia besar nanti.

6. Perbuatan berbahaya

Sering kita lihat di timeline social media, beberapa orang tua dengan santainya memposting foto anak mereka yang menghisap rokok, mengendarai motor, hingga berada di posisi kemudi ketika mobil sedang berjalan. Jika Anda ingin mendapatkan hujatan, silahkan saja posting hal yang sama.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …