Cara Cepat Menghapus Gambar atau Foto ‘Sampah’ dari WhatsApp

Sebagian besar dari Anda tentu tergabung dalam lebih dari satu grup WhatsApp. Tak jarang setiap harinya Anda akan menerima kiriman file foto atau gambar yang tidak penting. Satu atau dua mungkin tidak masalah. Namun saat mencapai ribuan, foto atau gambar yang ter-download secara otomatis itu akan semakin memenuhi memori Anda.

Anda tentunya bisa saja menghapus gambar yang tidak Anda inginkan. Namun terkadang, memisahkan antara ‘gambar sampah’ yang ingin dibuang dan gambar yang ingin tetap disimpan adalah pekerjaan yang memakan waktu.

Untuk itulah start-up asal India bernama Siftr yang didirikan oleh mantan karyawan Adobe meluncurkan aplikasi Android bernama Magic Cleaner. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Simak cara penggunaannya berikut ini:

1. Download aplikasi Magic Cleaner.

2. Jalankan aplikasi. Ia akan meminta akses untuk masuk ke lokasi penyimpanan file foto yang masuk dari WhatsApp. Berikan aksesnya.

3. Magic Cleaner akan mendeteksi semua foto yang ada di folder WhatsApp Images. Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan tap pada foto profesor dan Magic Cleaner secara otomatis akan menganalisa mana gambar yang tergolong sampah, dan mana gambar yang bagus dan layak disimpan. Ingat, proses ini membutuhkan koneksi internet!

4. Setelah proses analisa selesai dan Magic Cleaner telah menemukan foto-foto sampah tersebut, Anda tetap memiliki kesempatan untuk melihat terlebih dahulu apakah file-file yang dipilih oleh Magic Cleaner memang layak untuk dibuang atau tidak.

5. Jika setuju dengan pilihan Magic Cleaner, langsung tap lambang tempat sampah. Jika tidak setuju, hilangkan tanda checklist pada gambar atau foto yang ingin disimpan.

6. Voila! Semua foto dan gambar yang tidak berguna itu telah dihapus. Memori di smartphone Anda pun akan lebih lega.

7. Perlu diketahui bahwa Anda bisa mengatur apakah proses menganalisa foto akan menggunakan internet dari mobile data atau hanya WiFi. Selain itu, ada pula opsi untuk memunculkan notifikasi jika WhatsApp menerima kiriman foto baru.

Aplikasi Magic Cleaner mungkin tidak 100 persen sempurna. Namun karena Siftr menggunakan engine garapan mereka sendiri untuk menganalisa gambar, tingkat akurasi yang dimiliki Magic Cleaner saat memilih gambar yang akan dihapus terbilang cukup tinggi. Selamat mencoba!

Check Also

How To, Tutorial

How To Get FREE ROBUX?

hey how is it going bras my name is joe, in today’s video i’m going …