Review Fast Five The Movie: Official Game iOS

Satu lagi game iOS yang diangkat dari film. Setelah sukses dengan filmnya, kini Fast Five juga dibuat dalam versi game untuk iOS. Meski Vin Diesel juga masih ikut di dalam cerita, Anda akan memainkan si ganteng Paul Walker yang masih berperan sebagai Brian O’Conner. Masih berhubungan dengan balapan, O’Conner harus berurusan dengan DEA atas perbuatan kriminal yang sebenarnya tak sengaja ia perbuat. O’Conner pun harus berusaha lepas dari jeratan hukum dengan mengumpulkan kru untuk bisa melancarkan rencananya.

Ada 10 chapter yang harus Anda selesaikan di game ini. Di chapter pertama, Anda akan menjalankan balapan normal. Setelah itu ada pilihan Elimination di mana Anda harus membuat mobil sejumlah lawan hancur, Drift hingga mencapai skor tertentu, Time Attack dengan waktu yang terbatas untuk mencapai garis akhir, dan Drag yang melatih respon Anda untuk mengganti gigi di saat yang tepat. Masing-masing chapter memiliki 4 dari 5 jenis balapan yang ada.

Anda harus mengumpulkan fame point untuk bisa melaju ke chapter berikutnya sekaligus membuka mobil-mobil yang masih terkunci dan juga track balapan yang bisa diakses di menu Quick Race. Jika berhasil memenangkan balapan, ada 3 fame point yang terkumpul sedangkan runner up mendapatkan 2 fame point dan urutan ketiga memperoleh 1 fame point. Tak perlu sampai mengumpulkan keduabelas fame point karena hanya perlu 7 fame point untuk bisa membuka chapter berikutnya.

Selain fame point, Anda akan mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk membeli mobil beserta aksesorisnya dan untuk meng-upgrade performa. Ada belasan mobil yang bisa dibeli dan dicoba di lintasan pacu termasuk satu mobil polisi dan satu mobil SUV.

Berhati-hatilah saat melaju di lintasan pacu karena di beberapa trek, akan ada struktur atau bangunan yang meledak dan reruntuhannya akan menutup jalan Anda. Jika pada akhirnya harus menabrak, pilih item rewind yang ada di sisi kiri layar sebelum menabrak dan waktu akan berjalan mundur.

3 jenis kendali tersedia di Fast Five. Pertama adalah dengan menggunakan accelerometer. Saya tidak menyarankan untuk menggunakan kontrol ini karena lama kelamaan Anda akan kelelahan memegang iPad, kecuali jika Anda sudah menggunakan iPad 2 yang lebih ringan. Selain itu, ada setir virtual yang cukup nyaman untuk digunakan. Menurut saya, inilah kontrol yang paling cocok untuk mengendalikan mobil di Fast Five. Jika saja posisinya tidak terlalu jauh dari ibu jari, mode kontrol ini akan lebih sempurna. Atau Anda juga bisa menggunakan tipe Steering Icon di mana Anda tinggal menyentuh bagian kiri dan kanan bawah layar untuk membelokkan mobil dan menyentuh bagian tengah untuk mengerem. Atur pula sensitifitasnya sesuai dengan keinginan di menu option.

Fast Five terhitung sebuah game yang cukup mudah untuk dimainkan dan ditamatkan. Lawan-lawan O’Conner bisa menyesuaikan mobil yang sedang dipakainya. Tantangan paling menarik ada di pilihan Drift karena Anda harus bisa menjaga mobil tetap di trek sembari mengepot. Segera stabilkan mobil begitu ada lingkaran merah di sebelah kanan atas agar mobil tidak oversteer sehingga poin yang didapat hilang.

Mode eliminasi juga sangat mudah untuk diselesaikan. Jangan terlalu buru-buru untuk mengulangi permainan jika Anda merasa waktu yang tersisa masih kurang sedangkan masih ada mobil yang perlu ‘dibereskan’. Sudah beberapa kali saya bisa menggulingkan hingga 2 mobil lawan, 3 jika beruntung, saat waktu hanya tinggal 30 detik saja.

Saat Drag, kontrol mutlak berubah dengan menggunakan accelerometer. Usahakan untuk bisa mengganti gear saat warna hijau untuk mendapatkan uang tambahan dan setelah Anda memimpin, segera tutupi lintasan mobil lawan untuk menghalanginya mendahului Anda. Manfaatkan nitro saat di trek lurus saja.

Jangan sampai terlewatkan untuk memilih power up seperti nitro atau item untuk Underground Market yang bisa Anda pilih sebelum balapan. Ada banyak sekali item yang ada di Underground Market dengan fungsi yang beragam mulai dari mengganti posisi saat balapan dimulai, menambah nitro, menambah poin drifting, dan banyak lagi yang lain.

Pilih yang sesuai dengan jenis balapan yang akan dijalani. Sebenarnya fitur ini tak terlalu penting karena Anda bisa memenangkan balapan meski tanpa item-item tersebut. Underground Market dan tambahan nitro bisa didapat saat balapan berlangsung.

Manfaatkan shortcut yang terlihat di map untuk memperpanjang jarak dengan lawan di belakang atau memperpendek jarak dan waktu untuk menyusul sang jawara.

Multiplayer tak lupa dihadirkan baik melalui internet, Bluetooth, maupun Wi-Fi.

Grafis game-game besutan Gameloft selalu menawan, termasuk Fast Five. Anda bahkan tak perlu iPad 2 untuk bisa memainkan game yang menjadi Game of the Week di App Store minggu kemarin ini dengan lancar, walaupun tentunya tampilan akan terlihat lebih baik dan halus dengan iPad 2. Tak ada lagi mobil yang terasa seperti mobil remote control karena O’Conner akan selalu terlihat di belakang kemudi. Game Fast Five bisa jadi lebih menarik jika ada pilihan tingkat kesulitan dan cutscene berupa potongan video dari filmnya daripada sekedar screenshot. Tapi secara keseluruhan, Fast Five bisa jadi alternatif game racing yang sangat menghibur.

Versi biasa untuk iPhone/iPod maupun HD bagi iPad mempunyai ukuran yang sama yaitu sebesar 441MB dan harga yang juga sama $4.99.

Check Also

How To, Tutorial

Bagaimana Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy?

Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy Reverse Proxy pada sistem operasi Linux bertindak sebagai penghubung antara …