Review Game Mirror’s Edge for iPad

Para maniak game tentunya masih ingat dengan game berjudul Mirror’s Edge bergenre jumping platform yang satu ini. Mirror’s Edge memang unik dan belum ada duanya dengan memberikan sebuah pengalaman melompat dari gedung yang satu ke gedung yang lain atau berlari cepat menghindari kejaran dalam mode first person. EA sebagai developer game ini juga memberikan kesempatan yang sama bagi pengguna iPad untuk bisa bermain Mirror’s Edge di tablet kesayangan mereka.

[ Review] Tentunya karena perbedaan konsol/desktop dengan tablet, Mirror’s Edge untuk iPad memiliki desain yang berbeda. Anda tidak akan lagi menemui tampilan first person yang sebenarnya menjadi daya tarik game ini karena telah diubah menjadi third person. Di dalam game ini, Anda masih memerankan tokoh yang sama yaitu Faith, seorang gadis berwajah Asia dengan tugasnya sebagai seorang runner. Di Mirror’s Edge, runner diceritakan sebagai sekumpulan orang yang bisa disamakan sebagai kurir bagi siapa saja yang menggunakan jasa mereka. Namun karena kegiatan mereka dianggap ilegal, para runner tersebut menjadi buruan polisi dan bahkan menjadi kambing hitam atas beberapa aktivitas kriminal.

Sayangnya, tidak ada cutscene seperti yang ada di versi originalnya. Anda hanya bisa memahami ceritanya melalui penjelasan yang tersedia di saat loading screen. Ada 7 chapter yang masing-masing memiliki 2 sub chapter, termasuk chapter 0 yang berisikan tutorial untuk menguasai kontrol.

Versi iPad ini sangat mudah dimainkan dengan kontrol yang cukup minim sehingga Anda bisa lebih cepat menguasainya. Dengan sekali sapu ke arah kiri atau kanan, Faith akan secara otomatis segera berlari dan semakin cepat berlari.

Saat rintangan menghadang, tinggal sapukan jari ke atas untuk melompatinya atau sapukan jari ke bawah dan Faith akan meluncur melewatinya.

Sewaktu melompat dari ketinggian, sapukan jari ke bawah sebelum Faith menyentuh tanah dan ia akan bergulung untuk sebuah safe landing.

Tak banyak gerakan baru. Faith masih bisa berlari menjajaki billboard, meniti jalur sempit, atau ber-flying fox ria di tali. Satu yang terlihat baru adalah berpindah ke tempat yang lebih tinggi dengan gerakan yang cukup cantik. Itu pun terbatas hanya di tempat tertentu saja, seperti sewaktu ada struktur bangunan bertingkat yang memungkinkan Faith untuk melakukannya.

Hanya ada dua jenis musuh di sini dan keduanya adalah polisi. Anda mempunyai beberapa metode untuk melumpuhkannya seperti merebut senjata dan memukulnya hingga jatuh pingsan dengan menyapukan jari ke depan saat mendekati musuh tersebut. Atau, Anda bisa melompat dan menendang dengan menyapukan jari ke atas lalu ke depan. Jika tak ingin berlama-lama, cukup sapukan jari ke bawah untuk meluncur dan menjegalnya. Polisi tersebut akan bangun kembali namun Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk menanganinya karena Faith pastinya sudah berlari jauh meninggalkannya sehingga lebih efisien.

Kedua jenis polisi tersebut cukup mudah ditaklukkan dengan metode apapun. Perbedaannya hanyalah polisi dengan helm putih serasa memiliki senjata otomatis karena ia tak akan berhenti memuntahkan peluru dari pistolnya saat mengetahui Anda berlarian di sekitarnya. Terkadang, ada pula runner lain yang berlarian di sekitar Faith. Hindari atau lumpuhkan runner tersebut agar nyawa Anda tak berkurang. Selesaikan pula objective opsional dengan mengumpulkan tas yang tersembunyi di masing-masing chapter. Jumlah tas yang Anda kumpulkan berguna untuk menambah koleksi badges di menu Extra dan membuka bonus wallpaper.

Secara keseluruhan, Mirror’s Edge versi iPad cukup asyik untuk dimainkan. Game ini bisa ditamatkan dalam waktu sekitar satu hingga satu setengah jam saja. Cukup singkat memang melihat versi aslinya juga memiliki gameplay yang pendek. Namun ada menu yang lain yang patut untuk dicoba seperti Speed Run yang merupakan menu time trial. Tak hanya itu, Anda juga bisa berbagi permainan dengan kawan melalui mode multiplayer. Dengan split screen ala iPad, perlombaan dengan teman untuk menjadi yang tercepat akan semakin seru dan kompetitif karena Anda bisa saling menjatuhkan saat opsi Combat Enabled diaktifkan.

Mirror’s Edge tersedia bagi iPhone, iPod, atau iPad di AppStore dengan harga $6.49 dengan ukuran yang cukup kecil untuk sebuah game 3D yaitu 100MB saja.

Check Also

How To, Tutorial

How To Get FREE ROBUX?

hey how is it going bras my name is joe, in today’s video i’m going …