Review Gramophone: Pemutar Musik Retro bagi iOS

Apa jadinya bila iPad atau iPhone Anda berubah menjadi sebuah gramophone digital? Tapi jangan berpikir bahwa Anda bisa menggunakan iPad untuk memutar piringan hitam karena Gramophone adalah sebuah aplikasi pemutar musik digital dengan tampilan gramophone.

Kombinasi teknologi pemutar musik digital dengan tampilan analog dari gramophone tentunya akan sangat menarik. Anda bisa memutar koleksi-koleksi audio dari library iTunes dengan aplikasi ini. Begitu musik diputar, piringan hitam yang ada di gramophone digital ini akan berputar dengan gambar cover album di tengahnya jika tersedia.

Tampilan di iPhone dan di iPad sedikit berbeda, namun ada satu fitur yang sama dan menjadi ciri khas sebuah gramophone. Apalagi kalau bukan noise.

Ya, gramophone tak akan lengkap jika tidak memiliki noise. Apabila kumpulan audio di perangkat iOS Anda mempunyai beat yang tinggi atau penuh dengan lagu techno, maka fitur ini sebaiknya dimatikan karena justru hanya terkesan mengganggu.

Saya mencoba memutar koleksi-koleksi lawas saya yang didominasi oleh swing jazz, folk, hingga rock’n roll dengan menghidupkan opsi Noise di pojok kanan atas dan hasilnya cukup berkebalikan. Lengkingan John Jacob Niles terdengar sangat renyah dan begitu klasik saat dipadukan dengan desis yang dikeluarkan oleh Gramophone. Begitu pula dengan alunan-alunan nada dari Frank Sinatra, Nat King Cole, bahkan Lilis Suryani yang terasa begitu jadul namun semakin berkarakter saat diputar dengan Gramophone dengan pilihan Noise on.

Para pecinta dan kolektor musik lawas harus mempunyai aplikasi ini di iPod, iPhone, atau iPad mereka karena minimnya fitur dan sederhananya tampilan aplikasi ini justru menggambarkan kondisi gramophone yang sebenarnya.

Aplikasi sebesar 1.7MB dan 6.8MB untuk versi HD ini tersedia di App Store dengan harga $0.99.