Review : Lenovo Q320

Lenovo Mobile mengeluarkan ponsel QWERTY terbarunya, Lenovo Q320, untuk pasar Indonesia. Ponsel ini menawarkan kemampuan menampung dan mengaktifkan 2 kartu sim GSM secara bersamaan dengan harga kompetitif, Rp 569.000. Selain itu, Lenovo Q320 juga menghadirkan beragam aplikasi social media untuk memenuhi kebutuhan eksis di dunia maya. Dengan keberadaan 2 kartu, kegiatan eksis bisa terus berjalan dengan berganti layanan dari simcard pendukung jika simcard utama sudah kehabisan pulsa. Dalam paket penjualan, isi dus packing Lenovo Q320 adalah handset, baterai, kabel data, power source plug, earphone, buku manual dan kartu garansi.

Isi packing seperti gambar berikut :

Konsep & Desain

Kesan awal yang didapat ketika pertama kali melihat Lenovo Q320 adalah desainnya yang trendy. Pasalnya, ponsel yang masuk ke meja redaksi didominasi dengan balutan warna hitam lekat yang dikombinasikan dengan warna kuning di sekeliling sisi untuk menambah aksen agar tidak monoton. Hanya saja, ada beberapa icon pada tombol yang terasa kurang sesuai dengan fungsinya. Seperti logo M pada call key, S pada menu key dan Kamera key tanpa icon kamera. Simak detail Lenovo Q320 berikut. Kamera key tanpa logo kamera sebagai berikut :

Logo yang tertera pada keypad cukup membingungkan. Pasalnya, tepat di sisi kiri navigation key, ada sebuah tombol kecil berlabel ‘S’ yang berfungsi untuk membuka Menu Utama dari homescreen. Sementara itu, keypad paling kiri navigation key yang berwarna kombinasi hitam dan merah berlabel ‘M’. Walaupun ketika di coba melakukan panggilan, keypad M berfungsi menampilkan log panggilan seperti pada umumnya tombol bericon telepon berwarna hijau di ponsel lainnya. Keliling navigation key diberi list berwarna kuning, dan tombol paling kanan dan kiri di sisinya diberikan warna merah dan hijau setengah bagian.

Tekstur keypad navigasi yang dibenamkan pada Lenovo Q320 kurang empuk sehingga kaku ketika digunakan. Dibawah keypad navigasi terlihat jajaran keypad QWERTY dengan barisan melengkung. Masing masing tombol QWERTY tidak diberikan jarak. Meskipun begitu, kegiatan mengetik teks panjang tidak akan menyulitkan karena ukurannya yang terbilang pas dengan jari. Detail port dan keypad shortcut hanya dibenamkan pada sisi kanan, kiri dan atas. Port USB di sisi kiri. Keypad Volume dan Kamera di sisi kanan. Port audio universal (3,5mm) di bagian bawah.

Bagian belakang Lenovo Q320 dihiasi dengan warna hitam mengkilap yang berbeda dengan permukaan depan. Tampak di bagian atas lensa kamera yang tanpa pelindung dengan 6 lubang speaker yang menghiasi sisi kanan dan kirinya.
[Dual Sim Dual On]

Kemampuan menampung dan mengaktifkan secara bersamaan dua kartu sim GSM di dalamnya menjadikan keunggulan yang ditawarkan oleh Lenovo Q320. Sesuai dengan kemampuannya. Lenovo Q320 menyuguhkan 2 slot simcard di dalam baterai dengan label ‘master’ dan ‘slave’. Pada layar, nama kedua operator ditampilkan di bagian bawah layar bersusun vertikal. Nama operator utama di bagian atas dan operator kedua di bawahnya. Indikator kedua simcard terlihat pada pojok kiri layar. Ketika melakukan panggilan, Lenovo Q320 tidak meminta Anda untuk memilih pulsa dari kartu simcard mana yang akan digunakan. Mengingat ponsel ini juga tidak menyediakan 2 tombol call untuk masing masing simcard. Secara otomatis, Lenovo Q320 akan menggunakan pulsa yang tersisa dari kartu utama untuk melakukan panggilan. Jika kartu utama sudah tidak memiliki pulsa, barulah kartu kedua yang melakukan panggilan tersebut. Tetapi Lenovo Q320 akan tetap memberikan informasi label sim1 atau sim2 ketika panggilan berlangsung. Label sim1 atau sim2 juga akan terlihat ketika ada panggilan masuk. Keterangan sim1 dan sim2 tidak tampak pada call log. Anda hanya akan disuguhkan label M yang berarti master dan S untuk Slave. Manajemen pesan baik pesan masuk, pesan terkirim, dan konsep dibagi berdasarkan 2 kelompok untuk masing masing kartu sim. Ketika membuat pesan, Anda akan diberikan pilihan menggunakan pulsa dari kartu sim 1 atau karti sim 2. Asyiknya, untuk menu pesan, Lenovo Q320 menyediakan tombol khusus ‘send message’ di deretan paling bawah untuk mengirim pesan tanpa menggunakan tombol enter. Kekurangan dalam menghadirkan layanan dual on terasa sangat minim dalam Lenovo Q320 mengingat beragam kegiatan akan selalu diminta persetujuan menggunakan pulsa dari kartu sim utama atau kartu sim kedua.

[ Fitur]

Tidak hanya menghadirkan keyboard QWERTY, Lenovo Q320 juga menghadirkan beberapa aplikasi social media dan chatting untuk memaksimalkan penggunaan keyboard tersebut. Dalam paket pembelian, dalam Lenovo Q320 Anda sudah bisa menggunakan aplikasi Facebook, Twitter, Nimbuzz, Chatbox dan Opera mini. Aplikasi yang dihadirkan hanya berupa launcher (bukan aplikasi resmi) yang mengantarkan Anda menuju browser. Dengan menggunakan jaringan GPRS, pastikan Anda menggunakan layanan berlangganan data dari operator agar tidak kebobolan.

Lenovo memiliki beberapa fitur unik yang sangat berguna untuk para penggunanya. Salah satu fitur uniknya adalah ‘Ngobrol’. Dalam fitur ini pengguna akan disuguhkan dengan 2 ruang ngobrol. Format fitur ngobrol tetap berbasis SMS, hanya tampilannya saja yang serupa dengan aplikasi chatting. Untuk membuat ruang ngobrol, Anda bisa memasukkan nama panggilanku dan 1 no telepon tujuan. Teman yang diundang akan menerima undangan dengan nama panggilan Anda – kemudian isi pesan. Format pesan yang tampil pada ponsel teman yang tidak menggunakan Lenovo Q320 akan terus menampilkan nama panggilan-isi pesan. Walaupun menampilkan chatbox serupa aplikasi chatting, perlu diingat bahwa Ngobrol adalah fitur berbasis SMS, jadi setiap pesan/respon yang dikirim akan dikenakan biaya per SMS.

Selain layanan ‘Ngobrol’, Lenovo Q320 juga mamapu memancarkan sampai dengan maksimal 50 nomor tujuan sekaligus loo. Kemampuan broadcast message ini juga tetap berbasis SMS, bukan berupa layanan, jadi masing masing pesan yang dikirimkan tetap dikenakan biaya per SMS. Tidak hanya itu saja, Lenovo Q320 juga memiliki fitur ‘Jadual SMS’ dengan memasukkan isi pesan, tangga, jam dan nomor tujuan, SMS akan secara otomatis terkirim di waktu yang telah ditentukan. Fitur Jadual SMS ini akan sangat berfungsi ketika memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk orang tersayang tanpa harus bergadang menunggu jam 12 malam. Pastikan pulsa tersedia dan biarkan Lenovo Q320 yang bekerja.

Lenovo Q320 juga menyediakan fitur ‘darurat’. Anda bisa menemukan fitur dengan membuka Menu Utama > Organizer > Tombol Darurat. Dalam fitur tombol darurat ini Anda bisa memasukkan 5 nomor telepon tujuan berikut isi pesan darurat yang akan menerima berita ketika terjadi kedaan darurat. Tidak hanya itu, dengan membuka Menu Utama > Organizer Anda juga bisa menemukan fasilitas tracking anti pencurian yang akan mengirimkan informasi ke nomor telepon yang sudah disetting ketika kartu sim diganti oleh si tangan jahil.

[ Performa]

Fitur kamera yang disandang untuk Lenovo Q320 berkemampuan maksimal 1.3 megapiksel. Dalam fitur kamera, Lenovo menghadirkan tombol cepat kamera dan menu setting yang cukup lengkap. Dalam menu setting tersebut, Anda bisa merubah resolusi (mulai dari 80×60 piksel, 160×120, 320×240, 640×480 dan maksimal 1280×960 piksel), white balance, Scene dan mode efek. Fitur kamera Lenovo Q320 tidak menyediakan flash untuk mendukung keterangan hasil foto di malam hari. Untungnya disediakan mode malam yang sangat membantu.

Ketika fitur kamera standby, keypad numerik akan berubah fungsi menjadi shortcut untuk menu setting. Tetapi tidak semua keypad numerik berubah fungsi. Hanya keypad numerik 1 sampai 7 saja. Keypad 1 untuk Efek, 2 untuk White Balance, 3 untuk Timer, 4 untuk Continue Shoot, 5 untuk pilihan kualitas, 6 untuk resolusi gambar dan 7 untuk scene mode.

Selain digunakan untuk menangkap objek melalui fitur kamera, lensa di bagian belakang juga bisa digunakan untuk merekam video menggunakan fitur video record. Menu Setting yang disedikan untuk melakukan perekaman video hanyalah White Balance, EV, Efek dan Mode Malam. Fitur video record dalam Lenovo Q320 tidak menyediakan menu untuk menyetting batasan besar size, waktu dan juga format file. Hasil rekaman video akan secara otomatis menjadi file MP4. Tidak seperti pada fitur kamera, fitur Video Record tidak memberdayakan banyak keyboard numerik untuk berubah fungsi menjadi menu setting. Hanya keypad 1, 2 dan 4 saja yang digunakan. 1 untuk efek, 2 untuk White Balance dan 4 untuk mengaktifkan atau nonaktifkan mode malam.

[ Kesimpulan]

Keunggulan : Kelebihan yang ditawarkan dalam ponsel ini adalah fitur menarik seperti ‘Ngobrol’, broadcast SMS sampai dengan 50 nomor tujuan dan ‘jadual SMS’ yang akan sangat berguna. Selain itu, dengan harga yang kompetitif, Lenovo Q320 sudah menghadirkan fitur tracking jika ponsel hilang dan juga layanan darurat. Sebagai ponsel QWERTY dual sim card dan dual on dengan harga terjangkau Lenovo Q320 sudah menghadirkan lebih dari yang diharapkan. Totalitas dalam menghadirkan dual berikut beragam aktifitas terpisah masing masing simcard membuat pengguna tidak bingung dalam menggunakannya.

Kekurangan : Sayangnya, call key yang disediakan kurang informatif dengan tidak menyediakan 2 tombol call untuk masing masing simcard. Keterangan sim1 dan sim2 pun tidak tampak pada call log. Anda hanya akan disuguhkan label M yang berarti master dan S untuk Slave. Selain itu, absennya fasilitas flash yang mendukung pencahayaan untuk hasil foto di malam hari juga tidak disediakan. Hal ini akan mempengaruhi hasil foto di malam hari yang akan menghasilkan gambar yang lebih gelap.

[ Spesifikasi]

Jaringan: Dual SIM Dual On GSM (900/1800 MHz)
Dimensi: 107x62x12.5mm
Berat : 120.4 gr
Layar : 2.2 inch, 65k color TFT, QVGA
Data: GPRS
Kamera: 1.3MP (1280 × 960 pixels), Video recorder
Memori internal : 1016 Kb
Memori tambahan: microSD
Layanan Pesan : SMS, Chat, MMS
Koneksi : Bluetooth, miniUSB data cable
Browser : WAP, Opera Mini
Fitur Lainnya : Polyphonic (MP3), MP3/MP4 player, FM radio + Record, Schedule FM record, Facebook, Twitter , Nimbuzz, ChatBox, Telkomsel link, Fun (LangitMusik, MyPulau, Plaza, Gate Shop, Mig33), Detik.com, Java, Unit converter, Currency converter, Panic button, Mobile Tracker, Black, Background sounds, Game Battery: Lithium ion 1100 mAh
Waktu Siaga : 300 hours
Waktu Bicara : 4-5 jam

Check Also

How To, Tutorial

How To Get FREE ROBUX?

hey how is it going bras my name is joe, in today’s video i’m going …