;

PENGERTIAN INTERAKTIF

Apakah yang dimaksud dengan interaktif?

Interaktif adalah sebuah komunikasi dua arah yang mana berupa saling melakukan aksi hingga memiliki hubungan timbal balik yang aktif antar orang yang melakukan komunikasi.

Apa bedanya interaksi dan interaktif?

Interaksi terjadi karena adanya hubungan sebab akibat, yaitu adanya aksi dan reaksi. Sedangkan dalam istilah komputer, arti interaktif adalah dialog antara komputer dan komputer atau antara komputer dan terminal.

Apa itu interaktif menurut para ahli?

Pengertian interaktif menurut Warsita (2008:156) terkait dengan komunikasi dua arah. Komponen komunikasi dalam multimedia interaktif (berbasis komputer) adalah hubungan antara manusia (sebagaiuser/pengguna produk) dan komputer (software/ aplikasi/produk dalam format filetertentu biasanya dalam bentuk CD).

Interaktif berasal dari kata interaksi, yaitu hal saling melakukan aksi, berhubungan, mempengaruhi, antar hubungan. Interaksi terjadi karena adanya hubungan sebab akibat, yaitu adanya aksi dan reaksi.

 

Pengertian Interaktif Menurut Para Ahli

Interaktif berasal dari kata interaksi, yaitu hal saling melakukan aksi, berhubungan, mempengaruhi, antar hubungan. Interaksi terjadi karena adanya hubungan sebab akibat, yaitu adanya aksi dan reaksi.

Pengertian interaktif adalah hal yang terkait dengan komunikasi dua arah / suatu hal bersifat saling melakukan aksi, saling aktif dan saling berhubungan serta mempunyai timbal balik antara satu dengan lainnya (Warsita:2008)

Sedangkan dalam istilah komputer, arti interaktif adalah dialog antara komputer dan komputer atau antara komputer dan terminal.

Sesuatu yang interaktif melibatkan dua pihak atau lebih yang aktif di dalamnya. Dalam dialog interaktif di televisi misalnya. Pengertian dialog interaktif adalah kita sebagai pemirsa tidak sekedar menonton dan mendengarkan topik yang sedang dibahas dan diperbincangkan oleh pembawa acara dan nara sumbernya, tetapi bisa ikut aktif bertanya dan berkomentar. Hal ini tentu menyenangkan karena setiap orang memiliki pendapat yang ingin diungkapkan dan ingin didengar oleh orang lain. Kebutuhan akan interaksi ini

Dalam dunia pendidikan, proses belajar mengajar yang interaktif tentu lebih menyenangkan dibandingkan bila hanya mendengar dan mencatat penjelasan guru. Pengertian pembelajaran interaktif adalah mengajak siswa untuk melibatkan pikiran, penglihatan, pendengaran dan keterampilan sekaligus, salah satunya adalah sambil menulis. Dengan proses belajar interaktif, siswa dirangsang untuk bertanya, menjawab dan mengemukakan pendapatnya dan disaat yang sama mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, baik itu tugas perseorangan maupun kelompok. Sistem belajar ini juga tidak menekankan pada hasil melainkan pada proses. Sehingga siswa memperoleh pengetahuan bukan dengan cara menghafal, tetapi dengan cara mengalami.

Dewasa ini sistem pembelajaran interaktif bisa tanpa melibatkan seorang guru. Bagaimana bisa ? Yaitu dengan menggunakan teknologi multimedia pembelajaran yang interaktif.

Pengertian multimedia interaktif adalah media yang memberikan pembelajaran interaktif dalam bentuk 3D, suara, grafik, video, animasi dan menciptakan interaksi. (Cheng:2009)

Pembelajaran interaktif pada umumnya menggunakan komputer dan seperangkat alatpendukungnya seperti keyboard, mouse, CD atau VCD dan DVD serta aplikasi lainnya. Sistem ini biasa disebut e-Learning. Komputer diibaratkan seorang guru. Jika dalam model pembelajaran interaktif di kelas siswa menggunakan indera dengar, penglihatan dan suaranya, dalam e-Learning siswa menggunakan indera sentuhnya sebagai aksi dalam pembelajaran. Dengan tetap melibatkan indera dengar dan penglihatan, tentunya. Contoh sederhana interaksi antara manusia dan komputer bisa dilihat pada permainan game.

Kesimpulannya, proses interaktif bisa terjadi antara manusia dengan manusia dan juga bisa terjadi antara manusia dan media yang telah didesain sedemikian rupa untuk keperluan tersebut.

Apa itu interaktif dan non interaktif?

Multimedia interaktif berarti pengguna akan bergerak dan merespon aktif dan mampu memilih aktif adegan yang diinginkan. Contohnya adalah games, simulator, dan tutorial. Sedangkan multimedia non-interaktif berarti pengguna bertindak pasif dan menyaksikan adegan dengan berurutan seperti live streaming dan presentasi.

Media Interaktif apa saja?

contoh media pembelajaran interaktif yang populer saat ini adalah multimedia interaktif seperti video pembelajaran, games digital, buku digital, power point dan lain sebagainya.

Bagaimana pembelajaran yang interaktif?

Strategi pembelajaran interaktif adalah suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pembelajaran, dimana guru menjadi pemeran utama dalam menciptakan situasi yang interaktif yang edukatif, yakni antara guru dengan siswa, siswa dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. Strategi pembelajaran interaktif merujuk kepada bentuk diskusi dan saling berbagi di antara peserta didik.

Check Also

Apa yang dimaksud dengan iklan?

Apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan adalah cara untuk mempromosikan produk, brand atau layanan kepada …

RSS
Follow by Email
WhatsApp