PENGERTIAN KEAJEGAN SOSIAL DAN CONTOHNYA

Pengertian keajegan sosial adalah sebuah keadaan yang terjadi di dalam masyarakat di mana terlihat suatu kondisi keteraturan sosial yang tetap dan berlangsung secara terus-menerus dalam kurun waktu tertentu. Contoh keajegan sosial adalah di mana setiap pagi para siswa pergi ke sekolah dengan mengenakan pakaian seragam dan mengikuti pelajaran serta berbagai kegiatan di sekolah.

Definisi keajegan sosial adalah pola hidup teratur yang statis alias tidak banyak secara turun temurun. Contoh kejegan sosial : seorang ayah yang mencari nafkah, mengantri satu baris, upacara bendera setiap hari senin dsb.

Keajegan sosial merupakan bagian dari keteraturan sosial yang pada dasarnya banyak terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini akan terjadi karena adanya sebuah interaksi sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat itu sendiri, di mana interaksi tersebut akan didasari oleh berbagai dorongan-dorongan yang bersifat psikologis-sosiologis, seperti:

  • Sugesti

Sugesti adalah sebuah proses pemberian suatu pandangan atau pengaruh oleh seseorang terhadap orang lain dengan cara tertentu, sehingga orang tersebut menjadi terpengaruh dan mengikuti pandangan itu tanpa berfikir panjang terlebih dahulu.

  • Imitasi

Imitasi merupakan sebuah proses belajar seseorang yang dilakukan dengan cara meniru orang lain di dalam berbagai hal dalam kehidupannya, seperti: sikap (attitude), penampilan (performance), tingkah laku (behaviour), dan gaya hidup (life style) yang dijalani oleh orang tersebut.

  • Identifikasi

Identifikasi adalah sebuah proses yang diawali oleh rasa kagum seseorang kepada seorang lainnya yang merupakan tokoh idolanya, di mana kekaguman tersebut kemudian mendorong seseorang untuk menjadikan dirinya sama atau identik dengan tokoh yang diidolakannya tersebut.

  • Simpati

Simpati merupakan sebuah perasaan tertarik yang timbul di dalam diri seseorang dan kemudian membuat orang tersebut merasa seolah-olah berada dalam keadaan orang lain, di mana terjadi sebuah kecenderungan untuk selalu menempatkan diri dalam keadaan orang lain yang selalu dipikirkannya.

  • Motivasi

Motivasi merupakan bentuk sebuah dorongan, rangsangan, stimulus ataupun pengaruh yang diberikan seseorang kepada orang lain dengan cara sedemikian rupa, sehingga orang yang diberi motivasi tersebut mau mengikuti dan melaksanakan apa yang dimotivasikan secara kritis, rasional, dan penuh rasa tanggung jawab dan tanpa sebuah paksaan dari pihak manapun, termasuk dari pemberi motivasi tersebut.

Check Also

How To, Tutorial

Bagaimana Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy?

Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy Reverse Proxy pada sistem operasi Linux bertindak sebagai penghubung antara …