PENGERTIAN OFFICER DEVELOPMENT PROGRAM (ODP)

Pengertian ODP (officer development program) adalah sebuah program pelatihan yang dirancang secara khusus bagi lulusan sarjana yang belum memiliki pengalaman kerja namun memiliki keinginan kuat untuk menjadi seorang Supervisor.

Pengertian Officer Development Program Bank adalah pelatihan karyawan perbankan yang masih fresh graduate untuk dididik dan ditempa sebagai manajer atau pimpinan di bidang-bidang perbankan. Tujuan dan konsepnya hampir sama seperti MT (Management Training) yaitu regenerasi pimpinan.

Dapat disimpulkan bahwa pengertian officer development program (odp) adalah training karyawan perbankan yang masih baru dengan masa yang cukup panjang sekitar 1 sampai 2 tahun. Tugas officer development program odp adalah belajar, belajar dan belajar. Enak bukan ? Belajar aja di gaji lho !

Pada dasarnya program ODP dirancang dengan sistem terpadu yang melipiuti beberapa tahapan, seperti: sistem classical, On the Job Training dan proses mentoring saat peserta ditempatkan di sebuah lingkungan perusahaan nantinya. Di dalam setiap tahapan tersebut, setiap peserta akan dibekali dengan berbagai macam keahlian yang telah disesuaikan dengan dunia kerja yang akan dihadapi nantinya. Berikut ini adalah contoh penerapan sistem pelatihan yang dilakukan di dalam program ODP:

  • Sistem Classical

Di dalam sistem ini peserta akan mulai memasuki tahap awal program, di mana sistem ini sendiri ditujukan untuk memberi pemahaman tentang proses kerja yang diterapkan dengan metode kuliah, diskusi dan roll-play. Setiap peserta akan dibekali dengan berbagai macam modul yang bersifat umum dan khusus yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengetahuan yang wajib dimiliki oleh seorang karyawan, seperti: pengenalan perusahaan, visi dan misi, leadership, negotiation skill, managing mindset, time management dan yang lainnya.

  • On the Job Training

Program ini dilakukan dengan tujuan agar para peserta program bisa mengalami dan  mempraktekkan langsung kegiatan operasional yang berlangsung di dalam perusahaan. Di dalam program ini juga akan dikenalkan berbagai kegiatan pekerjaan di lapangan, di mana di dalam melakukannya para peserta akan didampingi oleh Kepala Unit atau Departemen dan Mentor yang telah ditunjuk sebelumnya.

Di dalam pelaksanaannya, sebuah program ODP diharapkan dapat mendidik dan melatih para peserta untuk menjadi seorang supervisor di commerce finance atau untuk menempati posisi Operation Head, Marketing Head dan Collection Head. Hal ini tentu saja sangat beralasan, mengingat tujuan utama dari sebuah program ODP adalah untuk menghasilkan tenaga kerja baru yang fresh graduate namun memiliki karakter dan keinginan yang kuat untuk menjabat sebagai seorang pemimpin.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …