6 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Apple Music

Walaupun baru saja diluncurkan nyaris sebulan lalu, Apple Music ternyata telah menggaet sekitar 10 juta pelanggan. Memang bukan prestasi besar mengingat Apple Music masih dalam tahap masa percobaan yang tidak memungut biaya.

Bagi yang belum mencoba atau malah baru mendengarnya, berikut 10 hal yang harus Anda ketahui mengenai Apple Music.

1. Apa sih Apple Music itu?
Pada dasarnya, Apple Music merupakan layanan streaming musik yang berbasis langganan per bulan. Koleksi musik yang tersedia amat banyak, mencapai lebih dari 30 juta lagu dari berbagai negara dan bahasa.

2. Lalu apa bedanya dengan iTunes?
Bedanya, iTunes hanya dapat memutar lagu (dan konten lain) yang Anda miliki dan tersimpan di dalam perangkat iOS. iTunes juga merupakan toko musik digital yang tidak membutuhkan biaya langganan. Jadi Anda hanya membayar jika membeli musik melalui iTunes.

Sedangkan Apple Music merupakan layanan streaming. Anda membayar biaya bulanan untuk mendapatkan hak akses ke semua lagu yang ada di katalog Apple Music.

3. Apakah saya membutuhkan koneksi Internet untuk itu?
Anda bisa mengatur agar beberapa lagu dapat diputar offline atau tanpa koneksi Internet. Namun Anda tetap tidak memiliki lagu tersebut dan Apple juga mengunci file lagu tersebut dengan DRM. Jadi jika berhenti berlangganan Apple Music, maka lagu tersebut tidak akan dapat diputar.

4. Sepertinya sulit mencari lagu yang pas dengan selera…
Mencari lagu favorit dari koleksi puluhan juta lagu memang terdengar sulit. Pada saat mengatur setting, Anda akan diminta memilih penyanyi dan jenis musik favorit. Dari data ini, Apple Music akan mencoba mengusulkan lagu yang cocok dengan selera Anda. Untuk lebih mempermudah penemuan musik yang pas, Apple Music mengandalkan fitur Beats 1, playlist terkurasi, dan Connect.

Beats 1 lebih mirip seperti radio digital yang menyajikan pilihan lagu, berita serta wawancara dengan berbagai penyanyi. Berdasarkan data yang Anda berikan, Apple Music juga dapat menawarkan rekomendasi lagu yang sesuai dengan selera di bagian “For You”. Yang menarik, rekomendasi ini diberikan oleh orang, bukan algoritme.

Sedangakn Connect merupakan fitur jejaring sosial berbasis artis. Di sini Anda bisa mengikuti artis tertentu. Nantinya jika artis tersebut membagikan konten khusus melalui COnnect, Anda kana dapat mengaksesnya. Contoh konten menarik yang ada di Connect misalnya, potongan lagu baru atau video di balik layar konser seorang artis.

Kedengarannya rumit ya? Begitu dicoba, sebenarnya mekanisme ini cukup sederhana kok. Anda juga bisa mengetikkan nama lagu atau nama penyanyi untuk menemukan lagu yang diinginkan.

5. Saya hanya punya Android..
Untuk saat ini, Apple Music masih terbatas hanya dapat digunakan di iPad, iPhone dan iPod Touch yang berbasis iOS 8.4. Untuk Mac dan PC, Anda juga harus menggunakan iTunes versi 12.2. Namun dalam beberapa bulan, Apple Music akan hadir untuk ponsel Android.

6. Berapa biaya berlangganan Apple Music?
Biaya bulanan berlangganan layanan Apple Music bervariasi. Bagi pengguna di Indonesia, biaya berlangganan Apple Music dimulai dari 69 ribu rupiah untuk akun individu dan 99 ribu rupiah untuk akun Family. Cukup terjangkau, bahkan lebih murah jika dibandingkan harga rata-rata CD musik.

Sudah cukup jelas? Bagi penggemar musik yang doyan bereksplorasi, layanan streaming musik seperti ini ibaratnya seperti durian runtuh. Apalagi dengan biaya berlangganan yang cukup terjangkau. Selamat mencoba!!

Check Also

How To, Tutorial

Bagaimana Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy?

Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy Reverse Proxy pada sistem operasi Linux bertindak sebagai penghubung antara …