PENGERTIAN PENGELUARAN AGREGAT DALAM EKONOMI MAKRO

Pengertian pengeluaran agregat adalah keseluruhan jenis pengeluaran belanja dalam beberapa sektor komponen agregat tertentu dan dalam periode tertentu pula.

Perekonomian terbuka atau yang lazim kita sebut sebagai perekonomian empat sektor adalah suatu sistem perekonomian yang melakukan aktifitas eksport dan import dengan negara-negara lain.

Eksport dapat diartikan sebagai penjualan dan pengiriman barang-barang buatan dalam negeri ke luar negeri dan hal ini akan menimbulkan pendapatan yang masuk ke dalam sektor perusahaan. Dengan begitu pengeluaran agregat akan meningkat sebagai akibat dari kegiatan eksport barang dan jasa dan pada akhirnya hal ini akan meningkatkan jumlah pandapatan nasional.

Import dapat diartikan sebagai pembelian dan pemasukan barang dari luar negeri ke dalam negeri dan hal ini tentu saja akan mengakibatkan terjadinya aliran pengeluaran dari sektor rumah tangga ke sektor perusahaan. Aliran ini akan menyebabkan turunnya jumlah pendapatan nasional.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa di dalam perekonomian terbuka / perekonomian empat sektor, komponen pengeluaran agregat dapat digolongkan sebagai berikut:

  • Pengeluaran konsumsi rumah tangga atas barang-barang hasil produksi dalam negeri.
  • Investasi perusahaan dalam menambah kapasitas sektor perusahaan penghasil barang dan jasa,
  • Pengeluaran pemerintah atas barang dan jasa yang dihasilkan di dalam negeri.
  • Kegiatan eksport, yaitu penjualan barang-barang hasil produksi dari dalam negeri ke luar negeri.
  • Kegiatan import, yaitu pembelian barang-barang yang berasal dari luar negeri untuk dipakai / digunakan di dalam negeri.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …