How To, Tutorial
How To, Tutorial

Apa dampak banjir bagi kehidupan manusia?

Banjir membawa banyak kerugian untuk manusia seperti kehilangan harta benda, hingga yang paling parah adalah korban jiwa. Tak hanya manusia lingkungan juga terkena dampaknya seperti adanya kerusakan pohon, fisik jalan raya, bangunan, jembatan, sistem selokan hingga kanal.

Apa penyebab terjadinya banjir?

  • Penebangan Hutan. Melakukan penebangan hutan secara liar dapat menyebabkan longsor dan penyebab banjir yang sangat besar.
  • Pemanfaatan Lahan yang Berlebihan. Pembakaran hutan akan membuat tanah tidak memiliki kesuburan lagi, dan tidak mampu untuk mempertahankan pertumbuhan vegetatif.
  • Membuang Sampah Sembarangan. Membuang sampah sembarangan dapat membuat lingkungan menjadi banjir. Karena tindakan manusia yang tidak peduli dan masa bodo ini membuat aliran air tersumbat, dan berpotensi tekanan yang semakin besar. Sehingga ketika volume air semakin deras menyebabkan air berlebih.
  • Membangun Pemukiman Bantaran Kali. Tindakan ini bukan saja membuat menyebabkan aliran sungai sempit, tapi juga tanah yang terdapat pada kanan kiri berpotensi longsor. Bukan hanya itu warga yang kebiasaan membuang sampah langsung ke sungai juga membuat pendangkalan sungai.

Bagaimana Cara Menanggulangi Banjir?

  • Menjaga lingukungan sekitar. Yang utama adalah menjaga lingkungan sungai atau selokan, sungai sebaiknya di pelihara dengan baik. Jangan membuang sampah ke selokan. Sungai atau selokan jangan di jadikan tempat pembuangan sampah
  • Hindari membuat rumah di pinggiran sungai. Saat ini semakin banyak warga yang membangun rumah di pinggir sungai, ada baiknya pinggiran sungai jangan di jadikan rumah penduduk karena menyebabkan banjir dan tatanan masyarakat tidak teratur.
  • Melaksanakan program tebang pilih dan reboisasi. Pohon yang telah ditebang sebaiknya ada penggantinya. Menebang pohon yang telah berkayu kemudian di tanam kembali tunas pohon yang baru. Hal ini ditujukan untuk regenerasi hutan dengan tujuan hutan tidak menjadi gundul.
  • Buanglah sampah pada tempatnya. Sering kali masyarakat indonesia membuang sampah sembarangan terutama membuang sampah ke sungai, tentu hal ini akan memebrikan dampak buruk di kemudian hari. Karena sampah yang menumpuk bisa menyebabkan terjadinya banjir saat curah hujan sedang tinggi. Pengelolahan sampah yang tepat bisa membantu mencegah banjir.
  • Rajin Membersihkan Saluran Air. Perbaikan dan pembersihan saluran air tentu harus ada. Di wilayah tertentu bisa diadakan secara gotong royong. Penjagaan ini harus dilakukan secara terus menerus dengan waktu berkala. Hal ini bertujuan agar terjadi hujan deras, air tidak akan tersumbat dan mampu mencegah terjadinya banjir.

Check Also

Pengertian dan Penjelasan Narkotika beserta Pembagiannya

(Pengertian dan Penjelasan Narkotika beserta Pembagiannya) – Narkotika ada 3 ( tiga ) Gol. Narkotika …