How To, Tutorial
How To, Tutorial

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Bagaimana cara merawat telinga dengan benar?

Telinga adalah salah satu organ indera terpenting yang berfungsi sebagai alat pendengaran. Oleh sebab itu, kesehatan telinga perlu kita jaga sehingga dapat terhindar dari segala kemungkinan buruk. Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan telinga.

Cara merawat telinga bagian dalam

Saat berada pada acara-acara musik atau tempat yang terdapat banyak orang, telinga kita tentunya terpapar suara mulai dari suara kecil sampai dengan suara keras. Berikan waktu istirahat pada telinga dengan cara keluar dari tempat yang bising beberapa kali. Para peneliti menyebutkan bahwa telinga membutuhkan rata-rata 16 jam ketenangan untuk pulih dari satu acara konser musik.

Tidak disarankan untuk menggunakan cotton buds saat membersihkan telinga. Telinga merupakan organ yang dapat membersihkan diri sendiri, dan lilin pada telinga mampu mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya memasuki saluran. Jika lilin pada telinga kita berlebih, bersihkan sekitar saluran telinga dengan menggunakan handuk lembab dan pastikan untuk membersihkannya secara lembut.

Cara untuk menjaga kesehatan telinga

Lindungi telinga dari suara keras
Saat mendengarkan musik, kecilkan volume dan jangan mendengarkan music keras-keras. Jika tidak, pendengaran kita dapat terganggu.

Jaga telinga Anda agar tetap kering
Telinga yang lembab memungkinkan bakteri dan kotoran lebih mudah masuk ke dalam saluran telinga. Pastikan telinga dalam kondisi kering atau sudah dikeringkan setelah berenang ataupun mandi.

Cara merawat telinga bagian tengah

Gunakan penyumbat telinga
Pada tempat-tempat yang sangat bising seperti tempat konser, klub malam, atau tempat dengan banyak orang yang berteriak. Penyumbat telinga khusus mampu menjaga telinga kita dari suara yang mungkin berbahaya.

Telinga merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Cairan seperti lilin yang ada di dalam telinga berfungsi untuk mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya untuk masuk ke dalam telinga. Jadi, fungsi cairan lilin ini sangat penting untuk kesehatan telinga dan adanya kotoran telinga merupakan sesuatu yang normal. Jika terjadi kelebihan cairan lilin ini, langkah baiknya adalah membersihkan daerah sekitar rongga telinga dengan handuk lembut serta meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga dengan alat khusus.

Check Also

Pengertian Pneumonia (Peradangan Organ Paru-paru)

Pengertian Pneumonia (Peradangan Organ Paru-paru) – Pneumonia adalah suatu penyakit infeksi atau peradangan pada organ …