Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar Tahun 2023

BLITAR KAB – Pembangunan daerah tidak terlepas dari harapan dan keterlibatan masyarakat, musyawarah maupun rancangan-rancangan awal diperlukan agar pembangunan suatu daerah dapat meningkat di segala bidang.

Hal ini sejalan dengan dilakukannya konsultasi publik Ranwal RKPD (Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Blitar Tahun 2023 yang digelar secara daring di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro pada hari Senin (31/1/2022).

Melalui konsultasi publik ini, Bupati Blitar Rini Syarifah berharap masyarakat akan mengetahui dan ikut memikirkan tentang bagaimana kondisi keuangan daerah, apa prioritas pembangunan daerah, serta program-kegiatan yang akan menjadi prioritas pembangunan daerah di Tahun 2023.

“Mari kita perkuat komitmen pembangunan melalui pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 dan penyiapan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023 yang semakin partisipatif dan adaptif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat,” kata Mak Rini.

Adapun Rancangan Tema Pembangunan untuk RKPD Kabupaten Blitar Tahun 2023 yakni: “PEMBANGUNAN SDM DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PEREKONOMIAN BERBASIS KAWASAN.“ Dari rancangan tema tersebut kemudian dijabarkan menjadi 5 (lima) Prioritas Pembangunan yakni:

1.Peningkatan Akses Pelayanan Dasar dan Penguatan Ketahanan Sosial;
2.Pengembangan Kewirausahaan dan Keberdayaan Komunitas-Komunitas dalam Event Ekonomi Kreatif;
3.Pemantapan Tata Kelola Pemerintahan, Penguatan BUMD, dan Peningkatan Pendapatan Daerah;
4.Peningkatan Penyediaan Akses Sarana Prasarana Penunjang Perekonomian;
5.Meningkatkan Realisasi Investasi pada Sektor Produktif dan Pengembangan Pasar Produk Unggulan.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …