Pemkab Blitar Lantik 96 Pendamping Desa, Salah Satu Pilar Penting Pembangunan di Desa

BLITAR KAB – Pemerintah Kabupaten Blitar melantik sejumlah 96 Pengurus Asosiasi Pendamping Desa Indonesia (APDI) Kabupaten Blitar pada hari Jum’at (3/6/2022). Pengurus APDI yang baru tersebut, dilantik oleh Ketua APDI Provinsi Jawa Timur, Miftahul Munir bertempat di Pendopo Ronggo Hadinegoro.

Hadir pada kesempatan tersebut, Koordinator Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal TPP Pusat Kemendes PDTT, Lendy Wibowo, Bupati Blitar, Rini Syarifah, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Tuti Komariyati, dan Kepala OPD terkait.

Mak Rini mengatakan, sebagai mitra pemerintah, pendamping desa merupakan salah satu pilar yang sangat penting untuk pembangunan di desa. Untuk itu, pihaknya berharap pendamping desa yang telah dilantik mampu mendampingi untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam proses perencanaan dan lain sebagainya.

“Saya mengingatkan akan pesan penting dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bahwa para pendamping desa diminta membuat laporan harian. Tujuannya agar pendamping desa terukur dan mudah dipantau,” kata Mak Rini dalam sambutannya.

Diakhir sambutan, Mak Rini juga berpesan untuk tetap humanis, melibatkan masyarakat dalam rembug desa, membangun kolaborasi harmonis dan inovatif dengan Pemerintah Desa. Hal ini bertujuan agar cita-cita Kabupaten Blitar yakni mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia baldatun toyibatun warobun ghofur segera terwujud.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …