Penjelasan Mengenai Apa itu Hosting dan Kegunaannya

Apa itu Hosting? Pengertian, Fungsi, Jenis & Cara Kerja

Hosting adalah sebuah layanan online yang digunakan untuk mengelola data situs atau aplikasi web oleh pengguna dan ditampilkan melalui via internet. File website yang tersimpan di dalam hosting berupa gambar, script, video, email, aplikasi, dan database (basis data). Saat anda menggunakan jaringan internet dan akan mengakses sebuah situs, maka hal yang pertama anda lakukan adalah menuliskan nama domain atau kata kunci tertentu pada halaman mesin pencari seperti Google.

Fungsi Hosting

Hosting memiliki banyak sekali kegunaan yang dapat anda manfaatkan terkait dengan pengembangan website untuk kebutuhan personal maupun company atau perusahaan. Berikut merupakan beberapa fungsi dari penggunaan hosting, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Membuat Halaman Website
  • Mengembangkan Situs Jual Beli Online
  • Membuat Email Profesional
  • Mampu Melindungi Website dengan SSL

Jenis-Jenis Web Hosting

Setelah membahas mengenai beberapa fungsi yang dimiliki, selanjutnya masuk pada topik tentang jenis – jenis dari web hosting.

Cloud Based Hosting

Cloud based hosting merupakan paket yang saat ini paling banyak diminati karena tidak memiliki downtime. Cloud hosting menggunakan sekelompok server dengan file dan resource yang direplikasi pada setiap server. Jadi, ketika salah satu server anda sibuk, maka otomatis trafik situs anda akan di-route menuju server yang lain dalam suatu klaster.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan paket server yang menawarkan kontrol maksimal atas layanan hosting yang digunakan pada website anda. Untuk penggunaannya sendiri cukup fleksibel, selain juga mampu mengoperasikan antara sistem operasi dengan software yang akan digunakan.

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis paket hosting tradisional yang membagi satu server untuk beberapa user berbeda, sesuai dengan kebutuhan server. Kelebihan dari layanan ini adalah harganya yang terjangkau dan sangat cocok untuk menjalankan website sederhana atau situs blog.

VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS hosting adalah perpaduan atau titik tengah antara dedicated dan Cloud hosting. Dimana, pengguna dapat menggunakan fungsi yang mirip dengan dedicated server dengan harga sama dengan paket cloud hosting. VPS hosting sangat cocok digunakan untuk kebutuhan website yang mempunyai traffic yang tinggi.

 

WordPress Hosting

Dan jenis yang terakhir adalah WordPress hosting, merupakan bentuk lain dari paket shared hosting yang dirancang khusus untuk pengguna WordPress. Server ini telah dilengkapi dengan fitur pre-installed plugin dengan konfigurasi yang cukup optimal. Paket ini juga biasanya menyediakan fitur tambahan seperti tema, pre-designed, drag-and-drop page builder, serta tool developer yang lebih spesifik.

 

Cara Kerja Hosting

Cara kerja hosting adalah diawali dari sebuah perusahaan layanan hosting yang menyediakan ruang server yang menyimpan aset dan data untuk keperluan website. Lalu ketika ada user menuliskan nama domain website di browser, maka hosting akan mengirimkan file yang kamu butuhkan untuk mengakses website tersebut.

Check Also

Christmas Decorations that Transform Your Home into a Winter Wonderland

This is the time to decorate your homes and trees. While it is possible to buy …