Bahaya penyakit autoimun dan cara pencegahannya

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang terjadi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang sehat dalam tubuh. Sedangkan sistem kekebalan tubuh, seharusnya berfungsi melindungi tubuh untuk melawan penyakit dan sel jahat, seperti bakteri maupun virus.
Bahayanya, penyakit autoimun ini bisa mengakibatkan kerusakan sel jaringan dalam tubuh dan menimbulkan peradangan serta mengakibatkan kondisi yang serius pada penderitanya, seperti gangguan pada tulang persendian, saraf, kelenjar, dan organ-organ penting lainnya.
Penyakit autoimun tertentu, seperti multiple sclerosis dan lupus, menular dalam keluarga. Tidak setiap anggota keluarga memiliki penyakit yang sama, tetapi mereka mewarisi kerentanan terhadap kondisi autoimun.
Apakah Penyakit Autoimun Bisa Disembuhkan? Pengobatan autoimun tidak dapat menyembuhkan, namun bisa mengendalikan respon imun yang terlalu aktif dan menurunkan peradangan yang terjadi.

Pengobatan Penyakit Autoimun

Sebagian besar penyakit ini belum dapat disembuhkan, tetapi gejala yang timbul bisa dijaga dan ditekan agar tidak timbul flare. Pengobatan untuk menangani kondisi ini tergantung pada jenis penyakit yang diidap, gejala yang dirasakan, dan tingkat keparahannya.

Beberapa contoh obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit autoimun meliputi:

Obat penghilang rasa sakit,Obat anti-inflamasi,Obat untuk depresi dan kecemasan,Injeksi insulin,Obat tidur,Pertukaran plasma,Kortikosteroid,Krim dan pil ruam,Imunoglobulin intravena.

Check Also

Tuliskan langkah-langkah membuat gambar cerita

Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah …