;

Bahaya virus influenza dan cara mencegahnya

Penyakit flu atau yang terkadang disebut sebagai penyakit influenza pasti sudah tidak asing bagi kita semua. Penyakit flu ini termasuk jenis penyakit yang sering menyerang masyarakat terlebih pada saat musim hujan dan musim pancaroba (pergantian musim). Sehingga bisa dibilang bahwa penyakit flu merupakan penyakit musiman di Indonesia.  Flu merupakan penyakit infeksi saluran nafas yang menyerang manusia tanpa mengenal umur, jenis kelamin, dll. Umumnya penyakit flu bisa sembuh dengan sendirinya dengan masa inkubasi rata- rata selama 2 – 4 hari.

Penyakit flu disebabkan oleh virus influenza tipe A dan sering disebut dengan human influenza walaupun jenis penyakit yang disebabkan oleh virus influenza tipe A ini tidak hanya penyakit human influenza, namun juga beberapa penyakit flu lain yang saat ini sedang mewabah di berbagai negara, seperti flu Hong Kong, Swine flu atau flu babi, Flu burung, dll. Jenis penyakit flu yang saat ini sedang menghebohkan dunia adalah penyakit flu babi yang disebabkan oleh virus H1N1 serta diduga terdapat mutasi antara flu babi, flu burung, dan human influenza. Jenis flu ini telah menelan banyak korban di negara asalnya, yaitu Meksiko.

Hingga saat ini belum ada vaksin khusus untuk flu babi karena flu ini merupakan mutasi dari beberapa jenis virus flu lainnya. Selain itu, virus flu yang sudah tersedia saat ini juga belum diketahui pasti apakah bisa memberikan kekebalan saling silang terhadap flu babi ini.

Penyebab Flu

Virus influenza menyebar melalui udara dalam tetesan atau percikan liur (droplet) ketika seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Kamu dapat menghirup tetesannya secara langsung, atau mendapatkan virus saat memegang benda tertentu, dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Vaksin sebagai salah satu cara untuk mencegah influenza

Untuk mencegah flu, Anda juga bisa menjalani vaksinasi influenza. Pemberian vaksin dilakukan pada bayi usia 6 bulan, kemudian diulang setiap satu tahun sekali, sampai berusia 18 tahun. Vaksinasi juga perlu dilakukan oleh orang yang berisiko mengalami komplikasi. Namun perlu diingat, vaksin influenza tidak bisa 100% mencegah flu.

Check Also

Apa Yang Dimaksud Literatur?

Apa Yang Dimaksud Literatur? Literatur adalah sumber atau acuan yang digunakan untuk berbagai keperluan di …

RSS
Follow by Email
WhatsApp