Ciri-ciri penyakit ginjal dan cara mencegahnya

Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh. Ada beberapa gejala awal penyakit ginjal yang perlu diwaspadai, seperti perubahan suhu tubuh, nyeri saat buang air kecil, perubahan warna urine menjadi pekat dan muncul darah, urine yang berbusa, hingga kelelahan terus menerus.Tanda dan gejala yang umumnya muncul akibat gangguan pada ginjal antara lain: Jumlah urine yang keluar saat buang air kecil berkurang. Perubahan warna pada urine, termasuk urine keruh atau bercampur darah. Pembengkakan pada tungkai.

Apakah gejala penyakit ginjal bisa disembuhkan?

Pasien gagal ginjal akut bisa sembuh, tapi tergantung tingkat keparahannya. Dalam beberapa kasus, pasien memerlukan perawatan untuk menggantikan fungsi ginjal yang terhenti selama beberapa saat. Gagal ginjal akut bisa menimbulkan berbagai komplikasi, seperti: Sesak napas akibat penumpukan cairan berlebih di paru-paru.
Gagal ginjal akut yang tidak segera ditangani dengan tepat berpotensi menimbulkan komplikasi. Komplikasi paling parah yang bisa saja dialami adalah kematian. Kondisi tersebut terjadi akibat hilangnya fungsi ginjal secara keseluruhan.

Apa Saja yang Boleh dan Dilarang Dilakukan oleh Penderita Penyakti Ginjal?

Meskipun sudah menjaga kondisi tubuh sebaik mungkin, tidak menutup kemungkinan seseorang tetap dapat terkena penyakit ginjal ini. Bagi penderita penyakit ginjal agar tetap dapat hidup berkualitas maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan hal yang sebaiknya dihindari.

Hal yang perlu dilakukan:

  1. Selalu mengonsumsi obat-obatan yang telah diberikan oleh dokter secara teratur sesuai dengan instruksi dokter.
  2. Melakukan cuci darah secara teratur apabila sudah teridap penyakit ginjal kronis stadium V.
  3. Melakukan cangkok ginjal apabila tersedia donor yang cocok.

Hal yang dihindari:

  1. Menggunakan kontras saat melakukan foto rontgen.
  2. Menghindari bahan-bahan yang bersifat nefrotoksik atau berbahaya bagi ginjal.

Pasien serta keluarga juga sebaiknya mengikuti petunjuk dokter selama proses penyembuhan serta pencegahan komplikasi penyakit ginjal. Keluarga pasien dapat membantu dengan memberikan dukungan bagi pasien untuk berobat dan cuci darah secara teratur bagi pasien penyakit ginjal kronis stadium V, serta membantu mengatur pola makan dan minum pasien.

Komunikasikan kondisi serta keluhan yang muncul agar dapat ditindaklanjuti sedini mungkin. Lakukan komunikasi dua arah secara jujur, baik antara pasien dengan keluarga, pasien dengan dokter, maupun keluarga dengan dokter. Hal ini perlu dilakukan agar proses penyembuhan dapat berjalan dengan lancar.

Check Also

Tuliskan langkah-langkah membuat gambar cerita

Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah …