Cara untuk menghasilkan lead

Lead adalah orang-orang yang memiliki minat pada suatu produk atau layanan, baik karena karakteristik maupun cara pemasarannya. Sekumpulan orang tersebut juga bisa disebut sebagai pelanggan potensial.
Sales leads adalah orang atau bisnis yang tertarik untuk menjadi pelanggan sebuah bisnis. Sales leads lebih dikenal sebagai calon pembeli produk atau layanan. Bisnis bisa mendapakan prospek penjualan ini melalui beberapa cara seperti iklan, pameran dagang, media sosial, dan teknik pemasaran lainnya.
Leads sering Anda jumpai dalam dunia digital marketing. Namun, tidak semua orang mengetahui apa itu leads. Pada umunya, leads adalah orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.
KOMPAS.com – Teras berita sering disebut lead. Dalam pemberitaan, teras berita berfungsi membangkitkan perhatian dan minat pembaca terhadap permasalahan yang dilaporkan, serta mempermudah pembaca dalam menangkap makna dan isi berita. Lead berita merupakan bagian yang sangat penting.J
Lead adalah tulisan pembuka berita yang menentukan keputusan pembaca akan lanjut membaca atau melewatkannya. Dengan membaca lead, pembaca bisa mendapatkan gambaran umum dari berita tersebut atau jadi penasaran.
Lead memuat lengkap jawaban terhadap pertanyaan 5W + 1H (what, who, where, when, why, dan how), namun penulisannya harus singkat dan padat jumlah kata biasanya amtara 26-30 kata. Kadang tidak semua jawaban 5W+1H bisa dimuat dalam lead, karena kalau dipaksakan alineanya akan terlalu panjang.
Disebut juga Teras Bercerita (Narrative Lead), yaitu teras feature yang bercerita seperti intro yang biasa digunakan para pengarang fiksi dalam cerpen atau novel. Teras ini menciptakan suasana sehingga mengundang pembaca terlibat dalam peristiwa. Contohnya adalah lead pada feature di atas.
Hal-hal yang harus dihindari ialah sebagai berikut.
  1. Penggunaan bahasa yang mubazir.
  2. Penggunaan bahasa berbunga (majas).
  3. Lead harus ditulis apa adanya bukan hanya sekadar mekanis.
  4. Jangan memulai dengan kata “ini”. Lead yang bagus sebaiknya langsung ke titik intinya yakni menggunakan unsur who atau what.

Check Also

Tuliskan langkah-langkah membuat gambar cerita

Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita adalah …