Apa itu zat Aditif?

Apa itu zat Aditif?

Pengertian Zat Aditif  secara umum, Zat aditif adalah suatu zat (bahan kimia) yang ditambahkan ke dalam sebuah produk makanan atau minuman, dengan tujuan untuk meningkatkan penampilan, sifat, dan kualitas makanan. Contohnya seperti mempercantik warna, menguatkan rasa, mengatur keasaman, memperpanjang umur penyimpanan produk, dan lain sebagainya

Zat aditif sendiri telah digunakan sejak zaman lampau untuk membuat makanan lebih enak seperti asam benzoat, natrium benzoat, dan kalium benzoat. Zat aditif seperti garam, sulfit, dan rempah-rempah juga membantu mengawetkan makanan.

Apa perbedaan antara zat aditif dan zat adiktif?

Zat aditif dan zat adiktif memang hanya memiliki perbedaan satu huruf saja, padahal sebenarnya pengertian keduanya sangatlah berbeda. Sederhananya, zat aditif adalah zat tambahan untuk menambahkan atau meningkatkan sesuatu, sementara zat adiktif adalah zat yang menyebabkan ketergantungan apabila kita mengonsumsinya.

Apa saja zat aditif alami?

Zat Aditif alami merupakan zat aditif yang dapat diperolah dari alam. Penambahan zat aditif alami ini tidak akan menimbulkan efek samping pada tubuh dan aman digunakan dalam jumlah besar. Contoh : kunyit, jahe, gula aren, asam, dan daun pandan.

Apa itu zat aditif sintetis?

Zat aditif sintetis merupakan suatu zat yang dibuat dengan serangkaian proses kimiawi. Zat yang diperoleh dari proses kimia ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek yang negatif terhadap kesehatan tubuh.Untuk memastikan zat aditif pada makanan dapat digunakan tanpa efek berbahaya, maka ditetapkanlah jumlah asupan harian yang layak dikonsumsi (Acceptable Daily Intake/ADI). Meski begitu, penelitian yang dilakukan cenderung terbatas sehingga efek zat aditif ini perlu dikaji ulang.

Check Also

Apa yang dimaksud dengan iklan?

Apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan adalah cara untuk mempromosikan produk, brand atau layanan kepada …