;

Apakah yang dimaksud dengan HAProxy?

HAProxy atau High Availability Proxy adalah open source TCP dan HTTP load balancer dan proxy server software. HAProxy adalah perangkat lunak open source yang berfungsi sebagai load balancing dan proxy untuk TCP dan HTTP.

Mengapa HAProxy itu penting?

HAProxy adalah solusi baik, sangat cepat dan andal yang menawarkan load-balancing, ketersediaan tinggi, dan proksi untuk aplikasi berbasis TCP dan HTTP. Ini sangat cocok untuk situs web dengan lalu lintas sangat tinggi dan memberdayakan banyak situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia.

HAProxy dipasang pada server apa? HAProxy menerima request dari client, dan diberikan pada server-server backend (upstream) di belakangnya.

Kapan harus menggunakan Haproxy?

Ketika ribuan pengguna mengakses situs atau aplikasi web ataupun sejenisnya pada waktu bersamaan, sehingga trafic yang tinggi yang membuat server anda overload (down) karena tidak dapat menampung request yang diterima, maka haproxy dapat menjadi solusi yang tepat.

HAProxy adalah project open source dibawah GPLv2 license. Haproxy atau kepanjangan dari High Availability Proxy adalah loadbalancer TCP/IP dan proxy server yang dapat membagi beban request yang datang kepada multi node server. sehingga beban server akan dibagi kepada node server yang ada.

Pembagian beban nya pun bermacam-macam cara ada yang sama rata, ada yang berdasarkan beban trafic dan lain nya. akan kita pelajari algoritma pembagian beban request  ini selanjutnya. Jadi haproxy ini adalah perantara antara client/user dengan server (web/database/dll) sehingga disebut juga dengan haproxy reverse proxy.

Haproxy tidak hanya bisa untuk web load balancing namun juga yang lain seperti smtp load balancing atau mysql load balancing.

 

Check Also

Pengertian URL atau Uniform Resource Locator dan Fungsinya

(Pengertian URL atau Uniform Resource Locator dan Fungsi URL) – URL adalah singkatan dari Uniform …

RSS
Follow by Email
WhatsApp