Apa yang Dimaksud dengan Iklan? Tujuan, Fungsi, dan Jenis

Apa yang Dimaksud dengan Iklan?

Iklan adalah salah satu media promosi yang berupa rangkaian pesan dan dapat digunakan untuk mengenalkan suatu produk maupun jasa ke jangkauan pasar yang lebih luas. Pada dasarnya, iklan dapat memberikan dampak yang luar biasa baik ketika digunakan sebagai media promosi.

Iklan akan dibuat untuk memberikan informasi mengenai produk maupun jasa yang sedang dijual, serta mengingatkan banyak orang tentang keberadaan produk dan jasa tersebut. Jadi, jawaban dari apa yang dimaksud dengan iklan adalah media promosi yang sangat berguna bagi para pelaku usaha.

Dengan adanya iklan yang menarik seperti ini, orang-orang dapat lebih terbujuk untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa tersebut. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih mudah dalam meraih keuntungan yang lebih besar.

Biasanya, iklan akan dipasang di beberapa baliho yang terletak di jalan raya, agar semakin ada banyak orang yang bisa melihat iklan tersebut. Jika iklan tersebut bisa dilihat oleh banyak orang, maka produk dan jasa yang sedang ditawarkan itu bisa semakin dikenal oleh khalayak publik.

Tujuan Iklan

Tujuan Iklan

Ada beberapa orang yang ingin tahu tentang apa yang dimaksud dengan iklan dan apa tujuannya. Sebab, meski istilah ini sudah sering didengar oleh banyak orang, tapi masih ada beberapa orang yang belum tahu pasti tentang tujuan dibuatnya iklan. Untuk itu, simak dengan baik informasi ini:

1. Membangun Citra Perusahaan

Setiap perusahaan harus memiliki citra yang bagus di mata setiap pelanggan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membangun citra perusahaan yang bagus adalah dengan membuat iklan yang menarik dan sesuai dengan produk maupun jasa yang sedang dijual.

Hal ini terjadi karena produk maupun jasa yang sedang ditawarkan oleh suatu perusahaan akan menjadi cerminan dari perusahaan itu sendiri. Jadi, dengan semakin banyaknya orang yang mengenal produk atau jasa tersebut, nama perusahaan juga bisa lebih terkenal.

2. Meningkatkan Angka Penjualan Perusahaan

Hampir sebagian besar konsumen akan melihat iklan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli maupun menggunakan produk atau jasa tertentu. Maka dari itu, setiap pelaku usaha harus membuat iklan mengenai produk dan jasanya yang menarik serta unik.

Pastikan iklan yang telah dibuat dan akan disebarluaskan tersebut sudah mengandung pesan yang dapat meyakinkan para konsumen untuk membeli produk maupun jasa yang sedang ditawarkan. Jadi, iklan bisa menjadi solusi terbaik bagi para pelaku usaha yang ingin meningkatkan angka penjualannya.

3. Mempromosikan Suatu Produk/Jasa Tertentu

Iklan akan selalu berkaitan dengan dunia promosi. Media promosi ini tidak hanya bisa digunakan untuk memasarkan suatu produk dan jasa tertentu saja, tapi iklan juga bisa digunakan untuk mempromosikan beragam jenis acara yang akan diselenggarakan di hari-hari tertentu.

Dengan memasang iklan di sebuah tempat yang sering dilewati oleh banyak orang, hal ini dapat meningkatkan peluang untuk produk, jasa, maupun acara yang sedang dipromosikan tersebut semakin dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu, pihak pemasang iklan bisa mendapat keuntungannya.

Fungsi Iklan

Fungsi Iklan

Selain memiliki tujuan khusus dalam pembuatannya, iklan juga memiliki beberapa fungsi yang harus diketahui secara jelas, yaitu:

1. Membujuk Lebih Banyak Konsumen

Dengan adanya iklan, pelaku usaha bisa membujuk lebih banyak konsumen untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa yang sedang dijualnya. Sebab, salah satu fungsi dari iklan adalah untuk membujuk dan meyakinkan para konsumen dalam pembelian produk atau jasa tersebut.

2. Memberikan Informasi tentang Produk maupun Jasa Tertentu

Fungsi kedua dari sebuah iklan dalam dunia bisnis adalah untuk menyampaikan informasi terkait produk maupun jasa yang sedang ditawarkan oleh suatu perusahaan tertentu. Biasanya, iklan akan berisi informasi tentang keunggulan produk maupun jasa dari merek-merek tertentu.

Setiap pelaku usaha harus memastikan bahwa iklan hanya berisi tentang keunggulan produk dan jasa, agar para calon konsumen bisa lebih merasa yakin untuk membeli dan menggunakannya.

3. Menjaga Memori dan Ingatan Konsumen

Sebagian besar orang akan langsung melupakan produk yang pernah dibelinya, jika mereka tidak terlalu puas dengan produk tersebut. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika kamu selalu memasang iklan terkait produk tersebut di beberapa tempat yang selalu ramai.

Iklan dikatakan dapat menjaga memori dan ingatan dari para konsumen terkait produk maupun jasa yang pernah dibelinya. Jadi, dapat dipastikan bahwa iklan akan sangat berguna bagi para pelaku usaha di bidang apa pun.

Jenis-Jenis Iklan

Jenis-Jenis Iklan

Seperti yang sudah kami katakan di awal artikel ini, pada dasarnya iklan dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang berbeda. Dalam hal ini, kami juga akan membagikan informasi lengkap terkait jenis-jenis iklan yang sering digunakan oleh beberapa orang di Indonesia, yaitu:

1. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan

Iklan dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan media yang digunakannya. Berikut adalah beberapa jenis iklan yang dibedakan menurut media penyebarannya:

a. Iklan Media Cetak

Sesuai dengan namanya, jenis iklan ini akan disebarkan melalui media cetak. Lantas, apa yang dimaksud dengan iklan media cetak?

Iklan media cetak adalah jenis iklan yang dicetak dan dibagikan kepada publik dengan cara konvensional. Beberapa jenis iklan media cetak yang sering kita temukan di kehidupan sehari-hari adalah brosur, majalah, koran, selebaran, dan iklan-iklan yang ada di media cetak seperti ini lainnya.

b. Iklan Elektronik

Selain disebarkan melalui media cetak, iklan juga dapat disebarkan melalui alat-alat elektronik seperti radio dan televisi. Tidak sedikit dari beberapa orang yang mempertanyakan tentang apa yang dimaksud dengan iklan elektronik, karena jenis iklan ini sering digunakan oleh para pelaku usaha.

Pada dasarnya, iklan elektronik adalah semua jenis iklan yang disebarkan melalui radio dan televisi. Biasanya, jenis iklan ini akan lebih berfokus pada video maupun audio yang bisa digunakan sebagai media promosi. Jadi, iklan elektronik juga harus dibuat dengan semenarik mungkin.

2. Jenis Iklan Berdasarkan Isi Pesannya

Tidak hanya bisa dibedakan menurut media penyampaiannya saja, tapi iklan juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis menurut isi pesannya, dan beberapa jenis iklan menurut isi pesannya tersebut adalah:

a. Iklan Penawaran

Iklan penawaran juga termasuk iklan yang bersifat persuasif. Sebab, apa yang dimaksud dengan iklan bersifat persuasif adalah iklan yang dibuat dengan menggunakan rangkaian kata persuasif atau mengajak banyak orang untuk membeli dan menggunakan produk/jasa tertentu.

Sementara itu, iklan penawaran tidak hanya bisa digunakan untuk mempromosikan suatu produk tertentu saja, tapi jenis iklan ini juga bisa digunakan untuk memasarkan layanan-layanan jasa yang dibutuhkan oleh banyak orang.

b. Iklan Permintaan

Selain iklan penawaran, ada juga jenis iklan lainnya yang bernama iklan permintaan. Biasanya, jenis iklan ini akan dibuat atas permintaan suatu instansi atau lembaga tertentu. Namun, tidak menutup kemungkinan ada beberapa individu juga yang membutuhkan jenis iklan ini.

Contoh iklan permintaan adalah iklan lowongan kerja. Agar perusahaan bisa segera mendapat pelamar kerja yang sesuai dengan kriterianya, maka mereka harus memasang iklan untuk menyebarkan informasi terkait lowongan kerja tersebut.

c. Iklan Layanan Masyarakat

Bisa dilihat dari namanya, iklan layanan masyarakat akan selalu berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat sekitar. Umumnya, jenis iklan ini akan dibuat untuk mengajak orang-orang menghindari pemakaian narkoba atau barang-barang berbahaya seperti ini lainnya.

Tidak hanya itu, iklan layanan masyarakat juga bisa digunakan sebagai iklan pajak, agar orang-orang yang bertanggung jawab tersebut bisa segera membayar pajaknya secara tepat waktu.

3. Jenis Iklan Berdasarkan Bentuknya

Ada beberapa jenis iklan yang disampaikan dalam bentuk yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu juga perlu memahami apa saja jenis-jenis iklan yang dimaksud tersebut, yaitu:

a. Iklan Baris

Apa yang dimaksud dengan iklan baris? Iklan baris adalah iklan yang dibuat dengan cara dicetak dan disebarkan melalui media cetak. Jadi, apa yang dimaksud dengan iklan baris adalah iklan yang akan dimuat di media cetak dengan mempertimbangkan panjang kalimat yang ada di dalamnya.

Jadi, iklan baris biasanya tidak akan berisi rangkaian kata yang terlalu panjang. Dengan begitu, para pelaku usaha yang akan menggunakan jenis iklan ini harus membuat rangkaian kata yang jelas, padat, dan singkat.

b. Iklan Spot

Gaya bahasa yang harus digunakan dalam proses pembuatan iklan spot adalah santai dan jelas. Lalu, apa yang dimaksud dengan gaya bahasa dalam iklan? Gaya bahasa dalam iklan adalah salah satu faktor yang dapat membuat konsumen merasa tertarik untuk membeli produk atau jasa tersebut.

Biasanya, iklan spot harus dibuat dengan menggunakan gaya bahasa yang persuasif serta komunikatif. Hal ini terjadi karena iklan spot hanya akan tayang di TV atau radio secara singkat. Jadi, orang-orang juga harus memahami secara jelas tentang apa yang dimaksud dengan iklan bersifat komunikatif.

4. Jenis Iklan yang Ada di Internet

Jenis iklan yang ada di internet juga sering disebut dengan istilah iklan online. Sudah ada banyak orang yang ingin tahu tentang apa yang dimaksud dengan iklan online, sehingga di sini kami akan menjelaskannya secara singkat namun jelas.

Iklan online adalah jenis iklan yang akan disebarluaskan melalui media internet. Iklan-iklan yang ada di media sosial, mesin pencarian, website, dan media-media internet seperti ini lainnya dapat disebut sebagai iklan online yang menjanjikan. Jadi, pelaku usaha bisa mencoba untuk membuatnya sendiri.

Karena sekarang kamu sudah tahu tentang apa yang dimaksud dengan iklan, jadi kamu juga bisa memahami bagaimana pentingnya sebuah iklan bagi suatu perusahaan. Pada dasarnya, iklan dapat membantu suatu perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya secara lebih baik lagi di masa depan.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …