Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Bolehkah makan jambu kristal setiap hari?

Jambu kristal diketahui mengandung kadar kalori rendah dengan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah jambu kristal setiap hari sebagai camilan diet sehat sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

Apakah kulit jambu kristal bisa dimakan?

“Tidak apa-apa dimakan kulitnya. Jambu tidak banyak yang terpapar pestisida,” kata Kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB) Awang Maharijaya pada Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Apakah jambu kristal mengandung gula?

Jambu biji kristal memiliki kandungan gizi yang cukup baik, terdapat dalam 100 g jambu biji kristal masak segar: 0,9 g protein; 0,3 g lemak; 12,2 g karbohidrat; 14 mg Ca; 28 mg fosfor; 1,1 mg besi; 25 SI vitamin B; 18,73 mg vitamin C; gula 9,2%; dan air 87,4% dengan total kalori sebanyak 49 kalori (Murniati, 2006).

Vitamin apa yg terkandung dalam jambu kristal?

Jambu kristal yang kaya akan vitamin C dapat dikonsumsi secara rutin untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan vitamin C pada jambu kristal bekerja efektif untuk melawan radikal bebas.

Penyakit apa yang tidak boleh makan jambu biji?

Namun, asupan jambu biji yang berlebihan dapat mengacaukan sistem pencernaan kamu, terutama jika kamu menderita Irritated Bowel Syndrome. Ini juga disebabkan karena malabsorpsi fruktosa. Jadi, penting untuk makan dengan jumlah yang terbatas.

Dengan mengonsumsi jambu kristal juga memberikan manfaat untuk mengurangi gejala dan meredakan batuk dan flu yang dirasakan. Hal tersebut karena kulit, daun, hingga daging buah ini mempunyai kandungan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah jambu biji merupakan buah yang mengandung antioksidan. Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Manfaat buah jambu biji yang lain adalah melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena jambu biji mengandung serat yang tinggi dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Kenapa dinamakan jambu kristal? Karena warna daging buahnya yang jernih dan bersih seperti kristal. Kulitnya hijau terang, jambu kristal berbentuk bulat agak gepeng dan bisa berbuah sepanjang tahun.

Apa manfaat jambu kristal untuk wajah?

Jambu kristal juga termasuk buah yang mengandung banyak vitamin E. Kandungan vitamin E tinggi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E membantu mencegah kulit kering, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, menutrisi kulit dan menjaga kelembapan kulit.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …