Baznas Pemkab Blitar Salurkan Bantuan Perlengkapan dan Modal Usaha Bagi UMKM

BLITAR KAB – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blitar menyalurkan bantuan perlengkapan dan modal usaha kepada pelaku ekonomi usaha mikro, kecil dan menengah. Disalurkan langsung oleh Bupati Blitar Rini Syarifah bertempat di Pendopo RHN, Jumat (5/5/2023).

Mak Rini mengatakan bahwa baznas telah menyalurkan di 5 komponen termasuk UMKM dilingkungan Pemkab Blitar. Mak Rini menambahkan dengan adanya bantuan yang diberikan oleh baznas nantinya dapat memotivasi untuk lebih kreatif dan inovasi.

“UMKM perlu diperhatikan karena UMKM saat pandemi yang bisa bertahan, UMKM kita dorong sehingga kesejahteraan tercapai. Dengan bantuan ini semoga bisa berkembang, bapak ibuk harus bisa belajar secara online,”terangnya.

Mak Rini menghimbau kepada pelaku umkm yang telah mendapatkan alat untuk mengemas produk lebih baik. Sehingga layak dipasarkan secara luas dan dapat dijangkau oleh masyarakat.

“Jadi saya minta produknya diperbaiki mulai dari packaging selain itu perizinan juga harus diurus secara lengkap agar produknya dapat menjangkau masyarakat hingga luar daerah. Selain itu juga bisa produknya di masukkan di ecatalog milik Pemkab Blitar,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Blitar Akhmad Husain menambahkan bahwa pentasyarufan UMKM dilakukan sebanyak 98 orang dengan rician gerobak motor 2 orang, gerobak dorong 2 orang, siler 22 orang dan permodalan per orang 500 ribu rupiah. Dengan adanya bantuan ini menjadi stimulus untuk lebih giat sehingga mencapai target dan kesejahteraan meningkat.

“Dana dihimpun dari tasyaruf para ASN dilingkungan Pemkab Blitar. Adapun kegiatan yang kami lakukan selama 9 bulan yaitu pentasyarufan bedah rumah 20 orang, gtt 1441, warga prasejahtera 165, pelaku UMKM 215, hafidz hafidzoh 161, marbot 165, disabilitas 86, bencana 207, rutin setiap bulan 60 orang, yatim piatu 220 orang, bantuan biaya pengombatan 16 orang, beasiswa 2 orang, tebus ijasah 1 orang, penyaluran oase 113 orang, khotmil quran 45 orang dan mualaf 5 orang,”tambahnya.

Check Also

Pengertian dan Arti Konfigurasi

Pengertian dan Arti Konfigurasi – Konfigurasi adalah istilah yang sering digunakan di dunia teknologi informasi …