Cara Cegah Stretch Mark pada Ibu Hamil

Salah satu gangguan kulit yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah Stretch Mark. Stretch Mark merupakan meregangnya kulit yang disebabkan karena terjadi pembesaran tubuh, munculnya Stretch Mark seringkali menjadikan wanita hamil tidak percaya diri.

Pada umumnya stretch mark muncul pada seseorang yang sedang hamil terutama di bagian dinding perut selama kehamilan. Hal tersebut terjadi karena terjadi peregangan kulit perut sewaktu menampung rahim yang terus membesar.

Selama kehamilan, elastisitas kulit diharuskan mengembang hingga level maksimum yang menyebabkan permukaan dinding perut seringkali terlihat pecah dan terjadilah stretch mark.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sangat dianjurkan kepada ibu hamil untuk selalu memberikan minyak pada kulit diarea perut serta di daerah lipatan-lipatan. Minyak ini berfungsi untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga stretch mark dapat diminimalisir.

Walaupun stretch mark lekas terbentuk ketika kehamilan menginjak di usia trimester kedua, sebaiknya ibu hamil rajin memberikan minyak di aera perut dan lipatan yang pada umumnya stretch mark mudah terbentuk ketika sejak pertama kali dinyatakan hamil.

Adapun minyak yang dapat digunakan untuk mengolesi perut supaya stretch mark dapat diminimalisir ketika ibu sedang hamil, ibu hamil dapat menggunakan baby oil ataupun minyak zaitun dan sebaiknya dilakukan dua kali sehari ketika sebelum mandi.

Check Also

Makanan Ini Baik Untuk Ibu Hamil

(Makanan Ini Baik Untuk Ibu Hamil) – Menentukan asupan makanan sehat merupakan hal yang harus …