Insomnia Picu Meningkatnya Hipertensi

Insomnia adalah salah satu gangguan tidur. Jika seseorang mengalami insomnia atau sulit untuk melakukan tidur maka tubuh akan terasa mudah lelah dan badan terasa lemas yang bisa mengancam kesehatan.

Menurut suatu penelitian di Henry Ford Center for Sleep Disorders, Detroit, Amerika yang yang hanya sedikit memperoleh jam tidur dimalam hari memiliki risiko terkena hipertensi.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 5.341 orang yang memiliki kebiasaan insomnia serta kebiasaan tidur normal. Dengan menggunakan kuesioner berbasis internet, peneliti tersebut mencari pola gejala insomnia serta tingkat keparahan terhadap hipertensi yang diderita.

Seperti dilansir dari laman Indianaexpress (8/06/2012) penyebab hipertensi yang dialami oleh penderita insomnia dipengaruhi oleh seberapa sering mereka terbangun dimalam hari serta berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk tertidur kembali.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa semakin lama seseorang terjaga dan semakin sering terbangun dimalam hari, maka hipertensi yang dideritanya akan lebih parah.

Check Also

Rutinitas Berikut Ini Berbahaya Bagi Mata Anda

Layar komputer, smartphone, laptop, dan televisi menjadi barang yang tanpa disadari telah menjadi rutinitas anda …