Ini Dia Si Penangkal Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut tidak sedap, memang terasa menjijikkan. Oleh karenanya tak sedikit orang yang mengikutsertakan daun kemangi sebagai lalapan pengusir bau nafas tak sedap ketika mengonsumsi makanan tertentu seperti halnya makanan yang banyak mengandung bawang merah maupun bawang putih.

Hal tersebut dikarenakan dalam daun kemangi terdapat kandungan polifenol yang efektif untuk menetralkan senyawa-senyawa penyebab bau mulut tak sedap oleh bawang.

Yang tidak kalah menarik adalah minuman teh, terlebih teh hitam dan teh hijau yang kaya akan antioksidan bernama polifenol. Kandungan polifenol dalam teh sangat ampuh dalam membasmi bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Dalam sebuah penelitian di Pace University diketahui bahwa minuman tersebut dikonsumsi tanpa gula sangat baik untuk menjadi penangkal bau mulut tak sedap.

Setelah ada minuman teh, mengonsumsi Yoghurt selama tidak ditambahkan pemanis juga bisa mengurangi populasi bakteri dalam mulut yang menjadi salah satu penyebab bau mulut. Tidak hanya itu, dalam beberapa penelitian juga diketahui jika mengonsumsi yoghurt secara rutin dapat mengurangi plak atau karang gigi serta risiko terkena berbagai penyakit gigi maupun mulut.

Yang lebih mudah ditemukan lagi adalah air putih. Sepertinya manfaat air putih tidak hanya dapat menyehatkan tubuh saja, namun ternyata air putih juga dapat dijadikan pengusir bau nafas tak sedap.

Membasahi kerongkongan sesering mungkin dengan air putih merupakan cara yang patut dicoba untuk menangkal bau mulut.

Diwartakan dari laman health.detik.com, Kamis, (18/04/2013 14:02 WIB) Pada umumnya bakteri penyebab bau mulut memiliki sifat bersifat anaerob dimana hal ini berarti bakteri tersebut lebih mampu bertahan hidup ketika dalam kondisi kering. Disamping itu juga banyak minum air putih bisa merangsang produksi air liur yang memiliki peran menjadi cairan pembersih dalam mulut.

Check Also

inilah dia khasiat yang tersembunyi dari kembang kol

Siapa yang tidak mengenal kembang kol? sayuran ini selalu enak untuk dikonsumsi dengan cara ditumis, …