Awas, Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin Ini Bahayakan Kesehatan Janin Anda

Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Saat hamil, wanita harus memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi untuk tubuhnya agar kesehatannya tetap terjaga, begitu pula dengan janin yang terdapat dalam kandungannya.

Walau begitu, ada beberapa vitamin yang ternyata kurang baik dikomsumsi bagi para ibu hamil. Para ahli membuktikan bahwa ibu hamil sebaiknya membatasi penggunaan vitamin A.

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin A saat hamil dapat berdampak negatif terhadap perkembangan sel darah dan berbahaya bagi janin. Walaau ibu hamil membutuhkan vitamin A guna menjaga kehamilan agar tetap sehat, tapi para ahli menganjurkan agar konsumsi vitamin A dibatasi.

Seperti yang diungkapkan oleh Health Site (28/2/2015) bahwa hasil penelitian ini diperoleh dari peneliti dari Lund University. Penelity mengamati kenaikan jumlah asam retinoic yang dapat mengurangi produksi sel darah. Asam retinoic merupakan salah satu produk vitamin A yang berguna untuk mengontrol perkembangan jenis jaringan pada janin. Pengurangan asam retinoic akan meningkatkan produksi sel darah hingga 300%.

“Penelitian yang kami lakukan ini menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin A berlebihan akan beradampak negatif pada perkembangan sel darah. Hal ini memberikan acuan bagi wanita hamil guna membatasi konsumsi vitamin A mereka demi kesehatan janinnya,” jelas peneliti Noels-Bjarne Woos dari Lund Universty, Swedia.

Sebelumnya peneliti sudah menemukan hal ini terjadi pada hewan. Tapi ini merupakan penelitian pertama yang dilakukan pada manusia dan telah menunjukkan hasil yang sama. Bagi para ibu hamil, baiknya mulai memperhatikan konsumsi vitamin dan nutrisi anda. Jangan sampai kurang ataupun berlebihan.

Check Also

Rutinitas Berikut Ini Berbahaya Bagi Mata Anda

Layar komputer, smartphone, laptop, dan televisi menjadi barang yang tanpa disadari telah menjadi rutinitas anda …