Mati Karena Takut Bukanlah Isapan Jempol Belaka

Pernahkah anda mendengar sebuah ungkapan “mati ketakutan”? Ternyata mati ketakutan bukanlah sebuah ungkapan belaka. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dapat mati karena ketakutan.

Setiap orang pasti pernah merasa takut. Napas yang tak teratur, telapak tangan yang berkeringat, lutut gemetar, dan jantung yang berdetak kencang. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan orang menjadi ketakutan hingga mereka berfikir akan mati karena hal tersebut. Namun faktanya, justru rasa takut itu sendiri yang berbahaya dan dapat
menyebabkan kematian.

Perasaan takut dan teror yang dialami akan membuat tubuh secara otomatis mengaktifkan mekanisme perlindungan alami yang biasa disebut ‘bertarung dan lari’ dan memproduksi lebih banyak adrenalin. Sistem saraf akan merespon detak jantung yang meningkat, aliran darah ke otot, pupil melebar, dan menjadikan sistem pencernaan melambat.

Alhasil, rasa takut menjadikan tubuh semakin kuat dan lebih cepat. Tapi, rasa takut yang berlebih akan menciptakan reaksi ekstrem dari tubuh sehingga dapat merusak jaringan jantung, atau bahkan membuat jantung berhenti berdetak, seperti yang diungkapkan oleh Medical Daily (1/3/2015).

Orang yang paling berisiko besar mengalami hal ini adalah atlet yang memiliki adrenalin terlalu tinggi karena persaingan yang ketat dalam perlombaan. Tapi hal ini juga dapat mengakibatkan munculnya rasa takut yang berlebihan.

Karena itu, guna menjaga kesehatan jantung dan tidak sampai terjadi kematian karena ketakutan, anda diharuskan mengontrol ketakutan anda sendiri. Bila anda berfikir berbeda tentang rasa takut tersebut, maka anda dapat mengontrol adrenalin dan detak jantung hingga tak sampai berakibat fatal.

Mengutip dari sebuah kalimat di dalam film After Earth yang diperankan oleh Will Smith dan anaknya, Jaden Smith “Danger is very real, but fear is choice.” yang bermakna “Bahaya memang sangat nyata, namun merasa takut adalah sebuah pilihan.” Jangan sampai anda terbunuh oleh rasa takut itu sendiri.

Check Also

Rutinitas Berikut Ini Berbahaya Bagi Mata Anda

Layar komputer, smartphone, laptop, dan televisi menjadi barang yang tanpa disadari telah menjadi rutinitas anda …