Tak Selamanya Lemak Ancam Kesehatan Anda

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, lemak seringkali menjadi musuh utama yang ingin dihilangkan. Tapi tidak semua jenis lemak harus dimusuhi. Lemak memang buruk bila dikonsumsi berlebihan. Namun, lemak juga dibutuhkan tubuh, dan hal ini yang tidak banyak diketahui orang.

Ada dua jenis lemak, yaitu lemak baik dan lemak buruk. Hal ini sangat bergantung pada komposisi lemak itu sendiri. Lemak trans, merupakan contoh lemak yang harus dihindari. Tapi ada juga jenis lemak yang bermanfaat bagi tubuh, seperti asam lemak omega3. Asam lemak ini sangat dibutuhkan tubuh dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut merupakan beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh dengan mengonsumsi asam lemak, seperti yang diungkapkan oleh Health Site (1/3/2015).

  • Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke
    Omega-3 ternyata mampu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Asam lemak omega-3 sangat efektif mengurangi kolesterol buruk. Kolesterol buruk bersumber dari lemak jenuh seperti yang terdapat pada minyak kelapa dan lainnya.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Asam lemak efektif untuk meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh. Asam lemak mempunyai zat yang mampu mencegah jamur, bakteri, dan peradangan.
  • Mengontrol pertumbuhan sel kanker
    Asam lemak memiliki zat anti kanker yang efektif guna mencegah tumbuhnya sel kanker jahat dalam tubuh. Asam lemak sangat efektif untuk beberapa jenis kanker seperti kanker pankreas dan prostat. Sebuah penelitian menemukan bahwa lemak trans yang di dalamnya terkandung asam lemak omega-6 dapat menurunkan risiko kanker. Asam lemak omega-6 sama pentingnya dengan asam lemak omega-3.
  • Meningkatkan fungsi otak
    Asam lemak ternyata efektif guna mencegah osteoporosis dan melindungi otak agar tetap berfungsi dengan baik. Sebab otak tersusun atas kolesterol dan asam lemak esensial, kekurangan asam lemak esensial dapat mengurangi kemampuan otak dan menganggu fungsinya.
  • Meningkatkan kesuburan
    Hormon reproduksi pada tubuh manusia terbentuk dari lemak esensial. Sebab, kekurangan asam lemak esensial dapat mengakibatkan problem pada kesuburan dan kesehatan reproduksi pria dan wanita. Diantaranya dapat mengganggu siklus menstruasi menopause, dan lainnya.
  • Menjaga keseimbangan gula darah
    Asam lemak diketahui mampu menjaga pembakaran lemak dan tingkat metabolisme tubuh. Pada pasien diabetes, asam lemak juga sangat bermanfaat guna menjaga kestabilan gula darah. Lemak esensial juga membantu pembentukan otot dan menjaga keseimbangan hormon pada darah.

Itulah beberapa hal yang membuktikan bahwa lemak tak selalu menjadi hal yang harus dimusuhi. Beberapa jenis lemak bahkan baik dan sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh dan juga penting untuk banyak proses dalam tubuh manusia. Lemak juga sangat diperlukan untuk dibakar dan memproduksi energi.

Check Also

Resep Kopi Ajaib Berikut Dapat Kurangi Resiko Kanker Kulit

Dalam sebuah penelitian terbaru diketahui bahwa minum 4 cangkir kopi sehari mampu mengurangi risiko terkena …