Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, dan Keutamaan Jika Menjalankannya

Dalam Islam, hari senin merupakan salah satu hari yang memiliki banyak keberkahan dan terjadinya banyak peristiwa penting. Salah satunya adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bahkan terbiasa berpuasa sunnah di hari Senin. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah menyebutkan bahwa hari Senin dan Kamis merupakan hari diangkatnya amalan. Oleh karena itu, pada hari Senin dan Kamis disunnahkan untuk melaksanakan puasa.

” Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa,” (HR. Tirmidzi).

Tata cara melakukan puasa Senin Kamis tidaklah berbeda dengan puasa sunah lainnya. Hukumnya jika melakukan puasa Senin Kamis, maka akan mendapatkan pahala. Tetapi jika tidak dilakukan, orang tersebut tidak akan berdosa karena bukan sesuatu yang wajib.

Berikut bacaan niat puasa Senin-Kamis berserta terjemahannya.

“Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala” (Hari Senin)

Artinya: Saya niat puasa sunah hari senin karena Allah ta’ala.

“Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala” (Hari Kamis)

Artinya: Saya niat puasa sunah hari kamis karena Allah ta’ala.

Bagi kesehatan raga, puasa Senin-Kamis bisa membersihkan organ dalam tubuh, memperbaiki pencernaan, dan meminimalisir kegemukan. Selain itu, puasa Senin-Kamis juga dapat meredam hawa nafsu, baik nafsu makan, minum, atau syahwat. Untuk penjelasannya, berikut manfaat menjalankan puasan Senin Kamis

1.Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa dapat menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa saat berpuasa, maka memungkinkan tubuh membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada hanya diet biasa.

2.Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Manfaat puasa Senin Kamis yang pertama adalah membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

3.Mengontrol Gula Darah

Manfaat puasa Senin Kamis yang berikutnya adalah dapat mengatur tingkat gula darah dalam tubuh anda. Dengan berpuasa akan membuat tubuh Anda dapat menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi.

4.Mempercepat Metabolisme

Puasa memberi istirahat pada sistem pencernaan di tubuh, dan ini dapat memberi energi metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien. Jika pencernaan buruk, ini dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak.

5.Menyehatkan Jantung

Manfaat puasa Senin Kamis yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan resiko aterosklerosis atau penyumbatan arteri yang disebabkan oleh partikel lemak. Saat puasa, lemak akan digunakan sebagai cadangan energi. Hormon adrenalin dan nonadrenalin juga akan berkurang. Hal tersebut akan membantu tubuh untuk menjaga metabolismenya agar tetap stabil sehingga tekanan darah pun akan ikut turun.

6.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan membuat sel-sel kanker kelaparan.

Itulah beberapa manfaat jika kamu menjalankan puasa Senin Kamis. Puasa itu sangat menyehatkan untuk tubuh kita.

Check Also

Memasuki Bulan Ramadhan, Produksi Cincau Hitam Meningkat

Ramadhan – Tingginya permintaan cincau saat Ramadhan membuat sejumlah pengusaha cincau kebanjiran order. Jika di …