Bupati Blitar Membuka Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa
Bupati Blitar Membuka Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

Bupati Blitar Membuka Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Asisten, Staf Ahli,Kepala OPD Terkait, Muspika Kecamatan membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan dalam rangka Pencegahan Tindak Penyalahgunaan dan Pelanggaran Hukum bertempat di Hotel Puri Perdana Kota Blitar, Selasa, (05/12/2023).

Dalam sambutanya Bupati Blitar menyampaikan kegiatan Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap mental aparatur desa sesuai dengan pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014, Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) menjadi pendorong pembangunan, namun dengan catatan pengelolaannya harus transparan dan tepat sasaran.

“Saya berharap ada peningkatan nilai-nilai integritas, kapasitas SDM, penegakan disiplin, penyempurnaan pelayanan, dan upaya pemeliharaan aset desa” ungkapnya.

Tak hanya mewujudkan desa yang berintegritas, akuntabel, dan bebas dari praktik korupsi. Melalui sistem pembayaran non-tunai (CMS) mulai tahun 2024, transparansi dalam pengelolaan keuangan desa semakin terjamin.

“Oleh karena itu, mari bersama-sama menjaga integritas, mengoptimalkan penggunaan dana desa, dan memastikan manfaatnya dirasakan oleh seluruh masyarakat” tegas Bupati Blitar.

Mak Rini mengajak seluruh peserta Bimtek untuk menjadikan teknologi informasi sebagai alat pemberdayaan.

“Manfaatkan teknologi tidak hanya untuk pelayanan, tetapi juga sebagai sarana promosi potensi desa”, tuturnya.

Check Also

Pemkab Blitar dan TNI AU Abdul Rahman Saleh Bersama Berikan Bansos Kepada Korban Gempa

Kabupaten Blitar – Wakil Bupati Blitar didampingi Kepala OPD dan Forkopimda meninjau lokasi terdampak yang …