Boeing, Rilis Baterai Pesawat Anti Panas

Terinspirasi dari sebuah kejadian kecelakaan pesawat terbang Boeing type 787 Dreamliner yang menurut FFA (Federal Aviation Administration disebabkan oleh baterai utama pesawat. Kini, Boeing pun menciptakan baterai dengan teknologi baru yang anti panas (tidak mudah panas).

Uji coba baterai ini dilakukan dengan pesawat Boeing yang dilaksanakan oleh LOT Polish Airlines, dalam uji coba baterai baru milik Boeing ini pesawat terbang tak kurang dari satu jam 49 menit yang diterbangkan dari lapangan Everett, Wash.

Dengan mengusung teknologi Lithium-Ion yang sudah disematkan insulasi pada sekitar delapan sel serta yang berada didaerah antara sel dan casing.

Selanjutnya, baterai tersebut masih dibungkus dengan kotak berbahan baja yang dipercaya efektif mengurangi jumlah oksigen sehingga resiko terjadi kebakaran dapat diminimalisasikan.

Adanya Insulasi yang berbahan dasar fiber glass tahan panas tersebut sangat baik untuk mengantisipasi masalah arus pendek. Disamping itu, baterai ini juga memiliki charger baru yang dinilai lebih lembut dalam menghasilkan pengurangan panas ketika proses pengisian baterai.

Desain dalam baterai ini memiliki sistem ventilasi baru yang berbahan dasar titanium, dimana bahan ini mampu mengeluarkan panas dan asap yang menjadikan suhu baterai tetap terjaga dengan baik.

Diwartakan dari laman Cnet.com (8/4/2013) bahwa Boeing menginformasikan jika ujicoba kali ini dilakukan untuk menguji coba baterai ketika dalam keadaan terbang normal maupun tidak normal.

Check Also

Twitter uji tombol Beli untuk para penggunanya

diwarta.com – Dalam waktu dekat seluruh pengguna jejaring social twitter dapat dipastikan akan bisa melakukan …