Mungkinkah Wireless Charger Dapat Berfungsi? Ini Dia Mekanismenya!

Tak henti-hentinya para pemikir dalam menciptakan sebuah inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan terhadap teknologi, salah satunya adalah Wireless Charger.

Charger tanpa kabel ini disebut juga dengan Inductive Charging. Dimana teknologi ini akan menggunakan gaya medan magnet dalam untuk menjadi penghantar daya antar dua objek.

Penghubungan daya ini mempunyai cara kerja yang mirip dengan trafo atau yang dikenal transformator. Aliran listrik nantinya akan dirubah menjadi medan magnet dalam salah satu kumparan. Selanjutnya medan magnet tersebut akan dirubah kembali menjadi energi listrik dalam kumparan lainnya.

Perbedaan antara transformator dengan wireless charging ini adalah pada media induksinya, dimana dalam transormator, medan magnet diinduksikan oleh media inti besi. Sedangkan pada Wireless Charger sudah mampu untuk menggunakan ruang udara untuk dijadikan media induksinya.

Disini, nantinya Wireless Charger akan berfungsi seperti kumparan pertama yang merubah aliran listrik menjadi medan magnet. Ketika perangkat yang ingin dialiri oleh listrik untuk charging ditaruh pada dekat Wireless Charger.

Selanjutnya perangkat tersebut memiliki fungsi yang sama dengan transformator yakni menjadi kumparan kedua yang bakal merubah kembali medan magnet menjadi arus listrik sehingga selanjutnya baterai dalam perangkat tersebut akan segera terisi.

Check Also

Twitter uji tombol Beli untuk para penggunanya

diwarta.com – Dalam waktu dekat seluruh pengguna jejaring social twitter dapat dipastikan akan bisa melakukan …