Gunakan Desain Jam Swiss, Apple Harus Bayar Lisensi Rp192 Miliar

Jam Swiss memang bukan barang murah, hal ini terbukti dari desainnya saja memiliki nilai Rp192 Miliar. Apple yang beberapa waktu lalu melakukan update sistem operasi iOS6 ternyata harus membayar Rp192 Miliar kepada Schweizerische Bundesbahnen (SBB).

Dikutip dari Neowin, Senin (12/11/2012), desain jam yang dipakai Apple pada produk iOS 6 miliknya itu diklaim sebagai icon jam pada layanan transportasi kereta api yang ada di Swiss, dimana operator kereta api federal Swiss lah yang mempunyai hak terhadap desain jam tersebut.

Kemiripan desain jam tersebut menjadikan Apple harus dibawa ke pengadilan atas tuduhan plagiat dan Apple setuju untuk membayar lisensi atas desain jam di iOS6 pada Schweizerische Bundesbahnen (SBB).

Dengan disetujuinya hal tersebut, kini Apple diperbolehkan untuk memakai desain jam Swiss di semua produk iOS-nya termasuk iPad dan iPhone.

Sebelumnya diketahui bahwa desain jam khas Swiss tersebut dibuat pada tahun 1944 oleh Hans Hilfiker, nampaknya dari sekian banyak desain jam yang pernah ada, desain jam ini disebut-sebut sebagai yang terbaik.

Check Also

Twitter uji tombol Beli untuk para penggunanya

diwarta.com – Dalam waktu dekat seluruh pengguna jejaring social twitter dapat dipastikan akan bisa melakukan …