Hormon Stres Timbulkan Efek Dahsyat Berbahaya

(Hormon Stres Timbulkan Efek Dahsyat Berbahaya) – Perubahan proses metabolisme tubuh yang disebabkan oleh pelepasan hormon kortisol memiliki dampak yang buruk yang salah satunya adalah stres.

Stres merupakan salah satu reaksi psikologis dan fisiologis dari perubahan situasi yang tak bisa diterimanya. Saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon stres yang biasa disebut dengan kortisol.

Terlepasnya hormon kortisol ini akan memicu perubahan proses metabolisme tubuh termasuk ketidaknormalan kada gula darah, melumpuhkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses penyusutan tulang yang dapat memicu terjadinya osteoporosis.

Oleh karena itu stres sangat gampang terserang berbagai penyakit. Dan yang sangat dikhawatirkan banyak wanita adalah jika pelepasan hormon stres berlebihan dapat memicu naiknya berat badan (Obesitas).

Seorang ahli biokimia Shawn Talbott, PhD pada bukunya yang dikutip oleh Shine mengatakan bahw ‘Pelepasan hormon kortisol merupakan sinyal bagi tubuh untuk dapat melakukan pertahanan dengan memberikan asupan pada tubuh makanan berkalori tinggi,’.

Pada penelitian yang pernah dipublikasikan di Journal of Clinical Investigation ditemukan bahwa stres yang berkepanjangan dapat berpengaruh terhadap hormon ghrelin, hormon ini memicu rasa lapar yang berlebihan, sehingga mereka pada umumnya mereka akan mengonsumsi makan lebih banyak.

Tingginya hormon stres juga dapat memicu selera makan yang tinggi terhadap makanan yang berkadar gula tinggi serta berlemak. Jika makanan yang berlemak tinggi tersebut dikonsumsi secara berlebihan, maka makanan jenis ini dapat menghambat aktivitas otak terkait dengan proses terciptanya stress lebih tinggi.

Jika stres sudah menyerang kita, kita tidak boleh mengabaikannya dan harus segera diselesaikan. Tak hanya dapat menimbulkan sakit kepala atau perasaan yang tak menyenangkan, namun stres yang berkepanjangan memilikipotensi kuat untuk terserang penyakit kronis termasuk stroke, jantung, tekanan darah tinggi.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …