Pengertian Suksesi Ekologi

Pengertian Suksesi Ekologi. Kompetisi, predasi, dan simbiosis sangat penting dalam penataan sebuah komunitas seperti itu untuk pulih dari gangguan besar. Gangguan tersebut seperti kebakaran, gunung berapi, gempa bumi, dan sebagainya.

Ketika sebagian besar anggota komunitas dihancurkan, seperti yang sering terjadi dekat dasar gunung berapi aktif, maka komunitas segera mulai pulih melalui proses yang disebut suksesi.
Suksesi Primer dan Suksesi Sekunder

Jika semua kehidupan dihancurkan dari daerah, komunitas harus mulai dari awal untuk membangunnya kembali yang kemudian disebut dengan proses suksesi primer. Jika hanya beberapa bagian komunitas yang hancur maka komunitas pulih melalui proses yang disebut suksesi sekunder.

Proses suksesi Primer Komunitas Klimaks
Ketika gangguan besar-besaran terjadi dan terjadi menghapuskan semua kehidupan di suatu daerah, komunitas harus mulai dari awal. Tapi bagaimana memulainya? Di mana spesies pertama berasal? Biasanya, spesies pertama yang tiba di daerah yang baru berpenghuni adalah mereka dari lingkungan sekitar yang mampu menghasilkan banyak keturunan yang dapat menyebar jarak jauh. Spesies ini disebut spesies penjajah, karena, mereka mendiami atau menjajah daerah baru. Mereka juga sering disebut “spesies pelopor” untuk alasan yang sama.

Contoh Spesies Pelopor

  • jamur
  • alga
  • bakteri
  • lumut
  • Tanaman yang telah disebar benihnya oleh angin atau air

Suksesi sekunder terjadi dalam cara yang persis sama seperti suksesi primer, hanya saja suksesi sekunder dimulai dari komunitas yang sebagian terganggu. Komunitas yang sebagian terganggu pulih lebih cepat dari komunitas benar-benar hancur sama sekali karena proses kolonisasi dapat terjadi dari jarak dan waktu yang singkat.

Selain itu, karena beberapa perwakilan dari komunitas asli masih di dekatnya, hasil suksesi sekunder dalam masyarakat yang terlihat lebih mirip dengan masyarakat asli daripada mereka yang hasil dari suksesi primer. Pada akhirnya, baik suksesi primer dan sekunder dapat mengakibatkan komunitas klimaks yang stabil.

Pemahaman proses suksesi penting dipelajari supaya manusia dapat melestarikan dan memulihkan daerah yang terganggu oleh aktivitas manusia. Bahkan, upaya konservasi sangat bergantung pada konsep dan teori yang berkaitan dengan suksesi ekologi.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …