Manfaat dan Khasiat Buah Belimbing

Buah belimbing berbentuk oval dengan kulit tipis, licin dan permukaannya mempunyai lilin, berwarna hijau sampai kuning.

Panjang buah belimbing antara 5 sampai 12 cm dengan empat sampai enam cuping yang menonjol secara vertikal, jika diiris buahnya maka bentuknya akan menjadi seperti bintang.

Dagingnya berwarna cerah sampai kuning tua, berasa asam sampai manis, segar dan berair.

Belimbing berasal dari Asia Tenggara, Sri Lanka dan Malaysia. Diperkenalkan pertama kali sekitar tahun 1887 di Hawai. Saat ini produsen terbesar buah belimbing adalah Taiwan, Malaysia, India, Filipina, Australia, dan Israel.

Belimbing mempunyai pohon dengan ketinggian hanya 1 -1,5 m. meskipun belimbing tumbuh pada daerah subtropikal, namun masih dapat tumbuh pada daerah dingin dan hanya sedikit terjadi kerusakan pada buahnya.

Jika dipanen sebelum masak, buahnya berwarna hijau dan pada penyimpanan akan berubah menjadi kuning. Baimananpun, buah belimbing lebih berasa manis jika dibiarkan masak pada pohonnya.

Jenis-jenis Buah Belimbing
Terdapat dua tipe buah belimbing yang tersedia, yaitu varietas tipe yang rasanya pahit asam dan tipe yang manis.

Varietas yang paling disukai dan banyak dikonsumsi adalah varietas Arkin yang berasa manis. Kulit dan dagingnya berwarna kuning sampai kuning-oranye.

Varietas lain adalah Golden star yang bentuknya lebih besar daripada Arkin. Varietas yang pahit-asam adalah Fwang, Tung, Hoku, Kaiang, Maha, Sri Kembanqan, Wheeler, Thayer, dan Newcombe.

Manfaat Zat Gizi dalam Buah Belimbing
Buah belimbing yang memiliki kandungan kadar air cukup tinggi ini memang tidak hanya nikmat dimakan sebagai pelepas dahaga, akan tetapi buah belimbing memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Manfaat yang paling populer dari buah ini adalah sebagai antioksidan yang cukup bagus dalam memerangi radikal bebas. Hal ini disebabkan, buah belimbing memiliki kandungan vitamin C dan A yang cukup tinggi.

Buah ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah sariawan, bahkan dapat memerangi penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh. Kandungan pectin yang terdapat dalam buah belimbing mampu mengikat sekaligus membuang kolesterol dan asam emedu yang terdapat di dalam usus.

Kandungan serat berfungsi membantu proses pencernaan makanan, sedangkan kombinasi antara kadar kalium yang tinggi dengan natrium yang rendah berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan Zat Gizi dalam 1 Buah Belimbing Atau Setara 127 Gram
 No  Kandungan Zat Gizi  Jumlah
 01  Energi  42 kilokalori
 02  Kadar air  91 %
 03  Kadar serat  3 %
 04  Lemak  0 gram
 05  Karbohidrat  10 gram
 06  Protein  1 gram
 07  Kalsium  5 mg
 08  Besi  0 mg
 09  Seng  0 mg
 10  Mangan  0 mg
 11  Potasium  207 mg
 12  Magnesium  11 mg
 13  Fosfor  20 mg
 14  Vitamin A  65 RE
 15  Vitamin C  27
 16  Thiamin  0
 17  Riboflavin  0
 18  Niacin  1
 19  Vitamin B6  0,1
 20  Folat  18ug
 21  Vitamin E  0

 

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …