Pengertian merkantilisme dan tujuan mereka

Merkantilisme adalah sistem ekonomi yang berpusat pada keyakinan bahwa pemerintah dapat membuat suatu bangsa yang lebih sejahtera dengan mengatur perdagangan dan menggunakan tarif dan upaya perlindungan lainnya untuk mencapai keseimbangan ekspor atas impor.

Ketika pemerintah menetapkan peraturan perdagangan dan membebankan tarif untuk memastikan bahwa ada keseimbangan yang tepat antara ekspor atas impor, metode pemerintah ini adalah contoh dari merkantilisme.

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan, antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP.

Teori perdagangan internasional merkantilisme

Merkantilisme adalah praktek dan teori ekonomi, yang dominan di Eropa dari 16 ke abad ke-18, yang dipromosikan lewat peraturan ekonomi pemerintahan suatu negara untuk tujuan menambah kekuasaan negara dengan mengorbankan kekuatan nasional saingannya. Ini adalah mitra dari politik ekonomi absolutisme atau monarki absolut.

Tujuan Merkantilisme

Merkantilisme termasuk kebijakan ekonomi nasional yang bertujuan untuk mengumpulkan cadangan moneter melalui keseimbangan perdagangan positif, terutama barang jadi. Secara historis, kebijakan tersebut sering menyebabkan perang dan juga termotivasi untuk melakukan ekspansi kolonial.

Pandangan Merkantilis mengenai perdagangan internasional

“ Bahwa satu-satunya cara bagi sebuah negara menjadi kaya dan kuat adalah dengan melakukan sebanyak mungkin eksport dan sedikit mungkin import”. Surplus eksport selanjutnya dibentuk dalam aliran emas lantakan, atau logam-logam mulia khususnya emas dan perak.

Setiap negara tidak secara simultan dapat menghasilkan surplus eksport, juga karena jumlah emas dan perak adalah tetap pada suatu saat tertentu, maka sebuah negara hanya dapat memperoleh keuntungan dengan mengorbankan negara lain. Oleh karenanya, para Merkantilis ini menyebarluaskan  nasionalisme ekonomi dan percaya bahwa disini akan timbul konflik kepentingan nasional.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …