Mengenal Ular Kobra/Ular Dumung Reptil Paling Mematikan di Pulau Jawa

Kobra atau common black cobra merupakan salah satu jenis ular berwarna hitam legam dengan bisa (racun) yang mematikan. Sebagian masyarakat Jawa menyebutnya ular dumung. Ular kobra memiliki kepala tumpul tebal dengan sisik yang jelas dan ekor berujung runcing.

Apa perbedaan ular kobra dan ular sendok?

Ular sendok atau Ular kobra sejati adalah sebutan khusus untuk semua jenis ular berbisa (Elapidae) yang memiliki kemampuan memipihkan lehernya hingga membentuk seperti sendok atau tudung. Istilah “ular sendok” umumnya digunakan untuk jenis-jenis Naja.

Ular kobra atau Common black cobra merupakan salah satu jenis ular berwarna hitam legam dengan bisa (racun) yang mematikan. Sebagian masyarakat Jawa menyebutnya ular dumung.

Ular kobra memiliki kepala tumpul tebal dengan sisik yang jelas dan ekor berujung runcing. Soal warna, kobra tidak hanya hitam legam. Ada juga yang berwarna cokelat kemerahan, cokelat muda atau ke abu-abuan.

Ular berbisa ini suka bersarang pada lubang-lubang bekas sarang tikus. Biasanya sarang itu berada di semak pinggir sawah atau hutan, tegalan, dan pinggir sungai.

Dalam buku Ular-ular Berbisa di Jawa (1986) dijelaskan, pada dasarnya ular kobra gemar berada di alam bebas dan berkebiasaan pindah tempat di malam hari. Tiap beraktifitas sebisa mungkin menghindari kontak dengan manusia.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …