Ciri Ciri Komodo dan Pengetahuannya
Ciri Ciri Komodo dan Pengetahuannya

Ciri Ciri Komodo dan Pengetahuannya

(Ciri Ciri Komodo dan Pengetahuannya) – Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.

Komodo adalah hewan kadal terbesar yang ada di dunia, ciri-ciri komodo. Mereka diidentifikasi oleh ukuran yang besar, kepala datar, kaki bengkok dan panjang, ekor tebal. Nama Komodo berasal dari rumor bahwa makhluk seperti naga hidup di pulau Komodo Indonesia. Masyarakat setempat menyebutnya “ora” atau “buaya darat”. Dengan memiliki lidah panjang, bercabang yang digunakan untuk membantu mengenali bau dan mengecap rasa.

Kenapa komodo termasuk hewan langka?

Aktivitas vulkanis, gempa bumi, kerusakan habitat, kebakaran (populasi komodo di Pulau Padar hampir punah karena kebakaran alami pernah terjadi di sana), berkurangnya mangsa, meningkatnya pariwisata, dan perburuan gelap, membuat komodo semakin rentan terhadap kepunahan.

Perlu diketahui bahwa komodo adalah salah satu jenis hewan reptil purba yang termasuk spesies kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjangnya adalah 2 sampai 3 meter. Komodo juga memiliki sebutan lain yaitu biawak komodo atau masyarakat internasional sering menyebutnya dengan panggilan komodo dragon.

Apa Ciri ciri Komodo

Ciri ciri dasar komodo diantaranya adalah memiliki lidah yang panjang, berwarna kuning dan bercabang. Komodo jantan ukurannya lebih besar dari pada betina. Dengan warna kulit dari abu-abu gelap hingga merah, sesaat komodo betina memiliki warna lebih hijau. Komodo muda lebih berwarna kuning, hijau dan putih pada latar belakang hitam.

  1. Komodo memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya, dan sekitar 60 buah gigi yang bergerigi tajam sepanjang sekitar 2.5 cm, yang kerap diganti.
  2. Air liur komodo sering kali bercampur sedikit darah karena giginya hampir seluruhnya dilapisi jaringan gingiva dan jaringan ini tercabik selama makan. Kondisi ini menciptakan lingkungan pertumbuhan yang ideal untuk bakteri mematikan yang hidup di mulut mereka.
  3. Komodo memiliki lidah yang panjang, berwarna kuning dan bercabang.
  4. Komodo jantan lebih besar daripada komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap sampai merah batu bata, sementara komodo betina lebih berwarna hijau buah zaitun, dan memiliki potongan kecil kuning pada tenggorokannya. Komodo muda lebih berwarna, dengan warna kuning, hijau dan putih pada latar belakang hitam.

Dimana tempat tinggal hewan komodo?

Diwartakan dari Encylopaedia Britannica (2015), komodo terdapat di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami, NTT. Dalam sebuah studi yang dilakukan, komodo bukannya tidak bisa menjelajah daerah lain, tetapi mereka tidak ingin melakukannya.

Dimana Habitat Komodo?

Diketahui bahwa komodo lebih suka tempat dengan suhu udara panas dan kering, biasanya tinggal di padang rumput kering, savana, semak belukar dan hutan tropis di dataran rendah dengan suhu sekitar 35 C atau 95 Fahrenheit. Komodo pada umumnya menggali lubang 1 – 3 meter (3 – 10 kaki) menggunakan forelimbs dan cakar yang kuat. Kadal terbesar ini biasanya tidur di dalam lubang pada malam hari, tujuannya adalah untuk menjaga suhu tubuh agar tetap panas sehingga dapat mengurangi waktu berjemur di pagi hari selanjutnya.

Apa Makanan Komodo?

Makanan Komodo yaitu Kambing, Rusa, Kerbau, Babi dan hewan lainnya. Pada umumnya hewan komodo berburu degan berlahan mendekati mangsa kemudian menggigit bagian kaki mangsa tersebut. Berbeda dengan predator lainnya yang memangsa buruan dengan langsung membunuh dan mekanannya, komodo hanya melakukan 1 kali gigitan dan memberikan racun yang tak lama kemudian mangsanya akan lemas dan mati dengan sendirinya karena efek racun tersebut. Selanjutnya komodo akan memakannya, semua bagian tubuh akan dimakan oleh komodo bahkan tulang hingga tanduk mangsa tersebut. Kemudian sisa sisa seperti tulang rambut dan sebagainnya yang tidak dapat dicerna kedalam tubuh akan dilekuarkan.

Apakah komodo mempunyai sisik?

Sisik yang ada di tubuh komodo terhubung dengan saraf, bahkan, sisik yang ada di bagian telinga, bibir, dagu, dan tapak kaki terhubung dengan tiga sensor rangsangan. Jadi, sisik mereka sangat sensitif.

Apa Manfaat Komodo?

Seperti diwartakan dari laman (hewanreptil.com/2019) Manfaat Komodo menjadi antibiotik penyakit MRSA dan menyembuhkan luka. MRSA merupakan infeksi yang muncul karena bakteri Staphylococcus. Bakteri ini merupakan bakteri berbahaya yang sulit ditaklukkan oleh antibiotik manapun. Menjadi titik terang bagi dunia kesehatan, sebab darah komodo dipercaya mengandung satu zat yang mampu melawan bakteri tersebut.

Saat ini distribusi alami komodo, secara endemik terbatas pada lima pulau di Nusa Tenggara, yaitu Komodo, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode, dan Flores.

Hewan Komodo dan Ciri Cirinya
Hewan Komodo dan Ciri Cirinya

Check Also

Pengertian dan Arti Bahasa Sanskerta

(Pengertian dan Arti Bahasa Sanskerta) – Bahasa Sanskerta merupakan salah satu bahasa Indo-Eropa yang paling …